Saat sudah mencapai usia lanjut, semua fungsi bagian tubuh dapat menurun. Salah satu bagian yang bisa mengalami keadaan ini telinga sebagai organ pendengaran. Saat mengalaminya, penurunan pendengaran pada orang lanjut usia (lansia) ini disebut presbikusis. Untuk mengatasi gangguan dengar karena usia, bisa memakai alat bantu dengar. Jika tinggal di ibu kota, di manakah tempat terbaik Alat Bantu Dengar Di Jakarta

Alat Bantu Dengar 

Alat bantu dengar memiliki beberapa jenis dengan cara kerja yang sedikit berbeda. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pemasangan alat bantu dengar, hendaknya menyesuaikan dengan kebutuhan. Lalu bagaimanakah sistem kerjanya?

Cara kerja

Semua alat bantu dengar memiliki konstruksi dan susunan yang serupa. Apapun modelnya, akan memuat komponen dasar yang terdiri dari mikrofon, amplifier (penguat), speaker (receiver), dan baterai. Perbedaan hanya pada sistem, apakah bersifat analog atau digital. Jika digital, komponen utama akn ditambah dengan prosesor komputer (chip komputer).

Prosesor tersebut berguna dalam kualitas penangkapan suara dan pemahaman ucapan. Tapi, pada dasarnya cara kerja alat bantu dengar akan seperti berikut.

  1. Pertama, mikrofon menangkap suara di sekitar
  2. Kedua, chip komputer menganalisis dan menyesuaikan suara dengan jenis gangguan pendengaran
  3. Selanjutnya, chip komputer akan mengirimkan suara ke amplifier
  4. Amplifier mengirim suara ke speaker
  5. Kemudian, speaker menghantarkan suara ke dalam telinga bagian dalam, melalui selang di cetakan telinga di liang telinga atau melalui kabel tipis ke penerima di telinga
  6. Telinga bagian dalam yang menerima akan mengubah suara menjadi impuls listrik
  7. Otak menangkap impuls listrik, lalu otak memproses menjadi suara

Rekomendasi Alat Bantu Dengar di Jakarta untuk Lansia

Pemilihan alat bantu dengar untuk lansia tentu tidak boleh sembarangan. Sebaiknya, hindari yang berukuran terlalu kecil karena khawatir akan tertinggal di dalamnya ketika lupa. Adapun rekomendasi model alat bantu dengar untuk lansia adalah sebagai berikut.

  • In the ear (di dalam telinga). Alat bantu dengar in the ear (ITE) dipasang sepenuhnya di dalam telinga luar dan digunakan untuk gangguan pendengaran ringan hingga berat. Desain ITE lebih kecil dari model-model alat bantu lain. Selain itu, semakin tidak terlihat apabila lansia memakainya di telinga
  •  In the canal (di liang telinga). Desain dari ITC sendiri cukup minimalis, bahkan jika tertutup maka tidak akan terlihat. Pemilihan warnanya juga ada yang mirip dengan kulit. Lansia dengan gangguan pendengaran dari level ringan sampai tinggi dapat menggunakan model ini. Selain itu, terdapat fitur mikrofon terarah yang membantu mendengarkan dengan jelas ketika berada di ruangan gaduh. Meskipun demikian, jika tidak dapat merawat dengan baik, kotoran telinga malah dapat menumpuk di dalamnya
  • Behind the ear (BTE) adalah alat bantu dengar yang terletak di belakang telinga. Cara kerjanya, suara yang datang dan ditangkap speaker (receiver) dalam badan plastik alat bantu dengar. Lalu, suara mengalir melalui kawat yang terkait di atas telinga dan masuk ke saluran telinga.
Baca Juga :   Jual Alat Bantu Dengar Di Padang Model Kecil Terbaru 2023

Temukan Alat Bantu Dengar di Jakarta di Sini!

Untuk memastikan alat bantu dengar terbaik untuk lansia, lakukan terlebih dahulu pemeriksaan ke dokter spesialis atau datang ke Kasoem Hearing Center. Sebagai satu-satunya hearing center di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015, Kasoem Hearing Center menyediakan pelayanan one stop solution for all hearing problem.

Di sana tersedia layanan pemeriksaan pendengaran dan keseimbangan oleh audilog profesional untuk bayi dan anak-anak hingga orang tua lanjut usia (lansia). Selain itu, tersedia teknologi untuk gangguan dengar lain, meliputi alat bantu dengar (ABD), alat bantu dengar koduksi tulang atau bone anchored hearing aid (Baha) sampai cochlear implant (implan koklea).

Tak hanya itu, Kasoem Hearing Center menyediakan layanan Auditory Verbal-therapy (AVT) untuk menunjang anak-anak yang perlu memaksimalkan pendengaran seusai menggunakan alat bantu dengar. Hubungi Kasoem Care melalui virtual assistant berbasis artificial intelligence, Hearing Bestie (HESTI) atau kunjungi cabang terdekat di Jakarta atau kota terdekatmu! 

Rate this post