Apakah COVID-19 Dapat Merusak Sistem Pendengaran?
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Apakah COVID-19 Dapat Merusak Sistem Pendengaran?


Alat Bantu Dengar – Baru-baru ini kembali heboh muncul gejala baru jika terkena covid-19, masalah telinga memang biasa terjadi, sering mendengar suara keras atau sedang flu bisa menjadi kendala pendengaran. Namun akhir-akhir ini disebutkan jika COVID-19 juga memiliki gejala yaitu gangguan pendengaran.

Sebuah penelitian yang sangat kecil di Israel memeriksa 16 pasien, setengah di antaranya dites positif COVID-19 dan setengahnya tidak terinfeksi (kelompok kontrol). Mereka tidak menemukan perbedaan dalam kedua kelompok ketika mencari tanda-tanda kerusakan saraf pendengaran. Para peneliti menggunakan tes yang dikenal sebagai pengukuran emisi ototacoustic (OAE) dan auditory brainstem response (ABR) untuk mengevaluasi fungsi pendengaran.

Studi ini harus ditafsirkan dengan hati-hati, karena hanya ada 16 orang yang terdaftar, dan semua pasien virus corona tidak menunjukkan gejala, artinya mereka tidak pernah merasa sakit akibat infeksi. Para peneliti merencanakan studi yang jauh lebih besar yang akan mencakup pasien yang mengembangkan komplikasi COVID-19 yang parah.

Gangguan pendengaran atau tinitus sebagai efek samping dari pengobatan yang digunakan untuk mengobati virus corona

Apa yang terkenal: Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati virus corona memiliki risiko gangguan pendengaran yang relatif tinggi , telinga berdenging atau vertigo, dan pusing sebagai efek sampingnya. Obat-obatan ini termasuk quinine, cholorquine dan hydroxychloroquine.

“Obat antivirus ini telah mengetahui efek samping, termasuk tinnitus dan gangguan pendengaran, dan gejalanya mungkin salah didiagnosis karena disebabkan oleh COVID-19,” kata penulis tinjauan sistematis yang disebutkan di atas.

COVID-19 ‘jarak jauh’ dengan masalah tinitus dan keseimbangan

Beberapa pasien virus korona telah melaporkan penyakit yang berkepanjangan dan gejala atipikal, yang dijuluki “covid-haulers.” Dalam sebuah survei terhadap hampir 650 penderita jarak jauh, sekitar sepertiga mengalami sakit telinga dan dua pertiga mengalami pusing dan vertigo. Hanya 1 pasien yang melaporkan gangguan pendengaran. Tampaknya tidak ada “pola yang dapat diprediksi” tentang kapan atau mengapa seseorang mungkin mengalami gejala-gejala ini, catat ringkasan penelitian tentang topik tersebut.

Kesimpulan tentang gangguan pendengaran dan COVID

Diperlukan lebih banyak penelitian sebelum kita memahami sepenuhnya bagaimana virus corona memengaruhi pendengaran dan keseimbangan. Kami masih belum tahu sejauh mana virus corona menyebabkan gangguan pendengaran, tinitus, atau masalah keseimbangan.

Saat pandemi terus berlanjut dan penelitian bergeser ke efek jangka panjang, kemungkinan besar kita akan mulai belajar lebih banyak. Periksa kembali untuk pembaruan.

Gangguan pendengaran tiba-tiba sebagai gejala

Berdasarkan laporan kasus yang dipublikasikan, tampaknya kehilangan pendengaran mendadak jarang merupakan gejala awal virus corona.

Baca Juga :  Apa Manfaat Jika Menggunakan Alat Bantu Dengar Digital

Dalam Juni 2020  laporan , beberapa pasien Iran melaporkan gangguan pendengaran pada satu telinga, serta vertigo. Dalam laporan lain tentang  gangguan pendengaran sensorineural mendadak dan COVID-19 , seorang pria Mesir yang tidak memiliki gejala virus korona lain tiba-tiba mengalami gangguan pendengaran, dan kemudian dinyatakan positif terkena virus corona.

Namun di luar laporan tersebut, belum banyak yang dipublikasikan oleh para peneliti.

Catatan:  Kehilangan pendengaran mendadak adalah keadaan darurat medis . Cari bantuan medis jika Anda tiba-tiba mengalami gangguan pendengaran di salah satu telinga. Semakin cepat Anda mendapatkan perawatan, semakin besar kemungkinan Anda akan mendapatkan kembali pendengaran Anda.

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran bahkan tuli. Anda bisa mengunjungi Kasoem Hearing Center.  Silahkan hubungi kami, untuk melakukan konsultasi. Kami pusat jual alat pendengaran telinga Jakarta yang dapat membantu Anda mendengar kembali dengan normal.

Dikutip dari berbagi sumber di Google

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap