Aturan dalam Menggunakan Alat Bantu Dengar Anak Tunarungu
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Aturan dalam Menggunakan Alat Bantu Dengar Anak Tunarungu


Alat bantu dengar anak tunarungu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis pada umumnya. Oleh sebab itu penting untuk memahami aturan supaya memaksimalkan fungsinya. Sebelum menggunakannya sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan.

Aturan dalam Menggunakan Alat Bantu Dengar Anak Tunarungu

Mengingat begitu besar kegunaan dari alat bantu dengar maka bagi para pengguna sebaiknya mengetahui aturan dalam pengeplikasiannya. Ukuran yang kecil menjadi salah satu hal yang membuatnya mudah terkena kotoran maupun hilang. Berikut ulasannya:

  1. Hindari Menggunakan Alat Bantu Dengar pada Suhu Ekstrim

Sebaiknya saat berada di suhu yang sangat dingin segera melepaskan alat bantu dengar yang Anda gunakan dan simpan pada tempat khusus. Hal ini bertujuan supaya area di dalamnya tidak lembab karena dapat merusak komponennya jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Selain pada udara yang sangat dingin juga muncul larangan pada suhu tinggi, untuk menjaga agar komponen di dalamnya tetap kering. Disamping itu jika terlalu panas maka fungsinya tidak dapat berjalan dengan baik bahkan mempercepat kerusakan terutama pada sistemnya.

  1. Jangan Gunakan Alat Bantu Dengar Saat Mandi atau Mencuci Muka

Beberapa jenis alat bantu dengar tidak memiliki anti air, sehingga saat akan melakukan interaksi dengan benda cair seperti berenang atau bermain hujan usahakan melepasnya. Disamping itu pilih tempat yang aman karena tentunya ketika alat tersebut dilepas maka pendengaran akan menurun.

Setelah Anda lepas pastikan meletakkannya di tempat yang kering dan teduh supaya terhindar dari kelembaban atau suhunya terlalu tinggi. Hal tersebut berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kerusakan sehingga produk lebih tahan lama dan kinerjanya tetap optimal.

  1. Rutinkan Membersihkan Alat Bantu Setiap Malam Hari

Pada malam hari sebaiknya sempatkan untuk membersihkan alat tersebut supaya kotoran yang bertumpuk didalamnya selama sehari digunakan tidak mengeras, karena bisa membuat kurang nyaman. Idealnya produk satu ini harus Anda simpan pada tempat pengering khusus.

Alat pengering ini tidak hanya berfungsi untuk menyimpan alat bantu dengar, melainkan membantu menyerap uap air dari dalam perangkat menuju ke dalam kristal. Sebelumnya pastikan mengikuti petunjuk atau arahan dari ahlinya supaya perawatan semakin maksimal.

  1. Sediakan Rangkaian Pembersih

Bagi Anda yang menggunakan alat bantu dengar, ada baiknya menyediakan perlengkapan pembersih supaya lebih mudah untuk menghilangkan kotoran di dalamnya. Sebelumnya pastikan untuk membeli produk dengan kualitas tinggi serta sesuai dengan jenisnya. Berikut ulasannya:

Baca Juga : Alat Bantu Dengar Di Jakarta untuk Lansia

Meski produk ini tidak asing bagi Anda, namun jenis untuk pembersih alat bantu dengar tentu berbeda dari yang digunakan pada bsangunan. Ukurannya sendiri lebih kecil dengan tujuan supaya dapat menjangkau celah-celah meskipun demikian tetap harus hati-hati.

Sebaiknya saat memilih sikat sendiri usahakan yang sesuai dengan ketentuan, meskipun hampir sama dengan sikat gigi namun tingkat kehalusan bulunya lebih baik. umumnya pengapluksiannya untukk tipe alat bantu dengar tipe ITE (in the ear) yang kebanyakan bentuknya kecil.

Dalam produk ini sudah tersedia produk lengkap mulai dari sikat pembersih sampai kawat, sehingga lebih praktis dan mudah untuk disimpan. Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh sangat cocok mengaplikasikannya dan umumnya terdapat pada wadah khusus.

Demikian penjelasan mengenai aturan dalam menggunakan alat bantu dengar anak tunarungu. Hal paling penting adalah sebaiknya hindarkan dari air, karena kelembaban dapat membuatnya cepat rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Silahkan hubungi, Untuk melakukan konsultasi gangguan pendengaran telinga di Kasoem Hearing Center,  secara online maupun offline dengan mengunjungi store Kasoem Hearing Center di Jakarta, Bandung, Medan dan kota besar lainnya.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap