Cara Kerja Alat Bantu Pendengaran Teknologi Terkini
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Cara Kerja Alat Bantu Pendengaran Teknologi Terkini


Alat bantu dengar terutama berguna dalam meningkatkan pendengaran dan pemahaman bicara orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran akibat kerusakan sel-sel sensorik kecil di telinga bagian dalam, yang disebut sel rambut. Namun bagaimana cara kerja alat bantu pendengaran? Mari kita bahas bagaimana cara kerjanya.

Alat untuk mendengar memperbesar getaran suara yang masuk ke telinga. Sel rambut yang bertahan mendeteksi getaran yang lebih besar dan mengubahnya menjadi sinyal saraf yang diteruskan ke otak. Begitulah kurang lebih prinsip kerja alat bantu dengar dengan teknologi modern.

Semakin besar kerusakan pada sel-sel rambut seseorang, semakin parah gangguan pendengarannya, dan semakin besar amplifikasi alat bantu dengar yang dibutuhkan untuk membuat perbedaan tersebut. Namun, ada batasan praktis tentang jumlah amplifikasi yang dapat diberikan alat bantu dengar.

Selain itu, jika telinga bagian dalam terlalu rusak, getaran yang besar sekalipun tidak akan diubah menjadi sinyal saraf. Dalam situasi ini, alat bantu dengar tidak akan efektif.

Baca Juga : Pusat Alat Bantu Dengar Di Malang Kasoem Hearing Center

Bagaimana Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar bekerja dengan memperkuat suara melalui sistem tiga bagian:

Alat Bantu Dengar Digital

Alat bantu dengar digital dapat disesuaikan dengan kehilangan pendengaran seseorang. Setelah pengujian pendengaran selesai, alat bantu dengar diprogram ke tingkat dan pola tertentu dari gangguan pendengaran yang diamati dalam hasil tes. Alat bantu dengar digital memiliki fitur otomatis yang dapat menyesuaikan volume dan pemrograman untuk peningkatan pendengaran di lingkungan yang berbeda.

cara kerja alat bantu pendengaran

Manfaat Alat Bantu Dengar Digital

Ada banyak opsi dalam alat bantu dengar digital saat ini. Kinerja dalam kebisingan latar belakang adalah keluhan nomor satu dari sebagian besar individu dengan gangguan pendengaran dan sebagian besar pemakai alat bantu dengar sebelumnya. Teknik berikut ini dapat membantu mengelola kebisingan latar belakang:

Alat bantu dengar digital dilengkapi dengan lebih dari satu program mendengarkan. Pengaturan termasuk situasi di mana ada banyak kebisingan latar belakang serta situasi di mana ada sedikit atau tidak ada kebisingan latar belakang. Alat bantu dengar dengan beberapa program dapat secara otomatis berubah antar program atau dapat diubah secara manual oleh individu. Beberapa alat bantu dengar mungkin juga dilengkapi dengan remote control.

Ini juga merupakan strategi untuk pendengaran yang lebih baik dalam kebisingan latar belakang. Alat bantu dengar yang datang hanya dengan satu fungsi mikrofon dalam mode omnidirectional (artinya suara diambil dari seluruh dunia). Alat bantu dengar dengan kemampuan mikrofon terarah biasanya memiliki dua mikrofon dan memiliki kemampuan untuk memfokuskan (atau mengarahkan) satu mikrofon ke arah sumber suara sementara yang lain berusaha mengurangi beberapa kebisingan latar belakang.

Seorang audiologis akan membantu memandu sesorang untuk menentukan sirkuit mana yang lebih baik untuk kebutuhan pendengaran spesifik mereka.

Demikian pembahasan Cara Kerja Alat Bantu Pendengaran Teknologi Terkini , jika Anda mencari alat bantu dengar Surabaya, silahkan kunjungi Kasoem Hearing Center untuk mendapat bantuan, atau hubungi kami untuk  konsultasi pendengaran Anda secara online.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap