Alat Bantu Dengar – Begitu saraf Anda rusak atau melemah, sulit untuk pulih. Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kerusakan saraf yang membawa sinyal ke otak Anda.

Alat bantu dengar tidak memulihkan ketulian dan juga tidak menyembuhkan kemajuan gangguan pendengaran. Ini hanya akan membantu orang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Orang harus memotivasi pasien yang mengalami gangguan pendengaran . Dorong pasien untuk selalu memakai alat bantu dengar dan beri tahu mereka ini bukan akhir dari pendengarannya.

Apa Penyebab Kerusakan Saraf di Telinga?

gangguan dengar telinga
Ilustrasi telinga memakai penyumbat. (Foto: Unsplash/Mark Paton)

Beberapa penyebab kerusakan saraf adalah :

  • Trauma: Head trauma timbul dari fraktur otak atau tengkorak yang merusak saraf vestibulocochlear.
  • Infeksi: Otitis Media disebut Infeksi telinga tengah menyebabkan infeksi telinga yang dapat merusak saraf sensorik yang disebut sel rambut.
  • Kebisingan Berlebih: berlebihan kebisingan dapat merusak berakhir saraf yang menyebabkan gangguan pendengaran permanen atau tinnitus.
  • Tumor: Tumor di otak dapat merusak saraf akustik yang disebut neuroma akustik.

Memperbaiki gangguan pendengaran karena kerusakan saraf

Pengobatan syaraf pendengaran, Kortikosteroid dapat mengobati gangguan pendengaran sensorineural mendadak (SSHL). Ini adalah keadaan darurat otomatis. Kortikosteroid juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan sel rambut koklea

Gangguan pendengaran sensorineural disebabkan oleh kebocoran cairan telinga bagian dalam, yang mungkin beracun atau berbahaya bagi telinga bagian dalam. Perubahan mendadak pada tekanan udara atau cedera kepala dapat menyebabkan penumpukan cairan. Operasi segera adalah solusi untuk jenis kehilangan ini.

Gangguan pendengaran bilateral yang progresif dapat diobati dengan penggunaan kortikosteroid jangka panjang atau beberapa obat. Ini juga disebut penyakit telinga bagian dalam autoimun.

Karena diet rendah natrium, diuretik, dan kortikosteroid dapat mengobati gangguan pendengaran sensorineural yang berfluktuasi, penyakit Meniere dapat menyebabkan gangguan pendengaran sensorineural yang berfluktuasi.

Baca Juga :   Tahukah Anda Saraf Vestibulocochlear Tanggung Jawab atas Pendengaran dan Keseimbangan Manusia?

Gangguan pendengaran sensorineural ireversibel Jenis tuli yang paling umum dapat dikontrol dengan alat bantu dengar. Perawatan bedah dengan implan koklea. Jika alat bantu dengar tidak cukup.

Beberapa Cara Mengatasi Gangguan Pendengaran

  • Alat bantu Dengar

Memilih alat bantu dengar sangatlah sulit, karena kita harus memilih alat bantu dengar yang paling sesuai. Sebelum memilih alat bantu dengar tertentu untuk mengatasi kurang pendengaran, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu tentang merek alat bantu dengar. Alat bantu dengar tidak dapat menyembuhkan kerusakan saraf. Hearing aid hanya dapat memperkuat suara untuk membantu telinga memproses informasi atau suara.

  • Implan koklea

Di sisi lain, implan koklea akan digunakan bagi penyandang tuna rungu yang kehilangan pendengarannya karena kerusakan saraf. Mereka tidak dapat memahami atau membedakan ucapan dari suara lingkungan lainnya. Ini adalah perawatan paling umum untuk gangguan pendengaran terlambat.

  • Pil Kehilangan Pendengaran

Pil gangguan pendengaran digunakan untuk memperbaiki gangguan pendengaran karena kerusakan saraf yang memungkinkan sel-sel rambut masuk ke dalam telinga untuk memproses suara dan informasi yang datang dari lingkungan dengan lebih baik.

Baca Juga : Cara Kerja Telinga Sebagai Alat Indra Pendengar

Sistem modulasi frekuensi (FM)

Neuropati auditori terjadi karena kerusakan saraf pendengaran yang tidak mampu mengirimkan sinyal dari telinga ke otak. Penerima portabel dan headset yang mengintensifkan suara tanpa perlu kabel. Ini digunakan untuk orang yang mengalami gangguan pendengaran karena kerusakan saraf pendengaran.

Mengembalikan jenis gangguan pendengaran permanen akibat kerusakan saraf dapat terjadi karena penuaan, paparan kebisingan, obat-obatan beracun, dan penyebab lain .

Demikian pembahasan Cara Mengatasi Gangguan Pendengaran karena Kerusakan Saraf, jika Anda mencari alat bantu dengar di Surabaya, silahkan kunjungi Kasoem Hearing Center untuk mendapat bantuan, atau hubungi kami untuk berkonsultasi pendengaran Anda secara online maupun offline.

Rate this post