Cara mengatasi masalah, mendengkur yang kadang-kadang terjadi karena pilek atau sinus tidak dianggap berbahaya, tetapi dengkuran terus menerus merupakan masalah yang harus diperhatikan.

Seperti yang dijelaskan oleh Dokter THT , ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke . Mendengkur terjadi ketika udara tidak dapat bergerak bebas dari hidung dan tenggorokan sehingga membuat jaringan di sekitarnya bergetar dan karena getaran inilah dihasilkan suara mendengkur.

Alasan Mendengkur

Memahami alasan di balik masalah mendengkur dan pengobatan yang tepat akan menyelamatkan Anda dari insomnia dan juga membantu orang yang tidur di sekitar Anda untuk tidur nyenyak.

Beberapa alasan ditemukan penyebab mendengkur seperti :

  • Hidung tersumbat: Alergi dan merokok menyebabkan pernapasan melalui mulut.
    Polip hidung.
  • Tulang rawan hidung bengkok.
  • Amandel Besar.
  • Lebih banyak beban yang membebani tenggorokan Anda.
  • Otot rileks karena alkohol / obat penenang.

Cara Mengatasi Untuk Masalah Mendengkur

Ada banyak pengobatan yang diresepkan oleh Dokter THT terbaik . Beberapa dari solusi ini termasuk

1. Memperbaiki Waktu Tidur untuk Mendengkur

  • Posisi Tidur – Cobalah untuk tidur miring, bukan telentang. Ini akan membantu mengurangi dengkuran dengan mencegah tenggorokan menjadi lebih sempit dan melegakan pernapasan saat tidur.
  • Membersihkan Bagian Hidung – Jika Anda mengalami hidung tersumbat atau tersumbat maka Anda harus membilasnya dengan larutan garam sebelum tidur. Menggunakan netipot, dekongestan hidung atau strip hidung juga mengurangi dengkuran.
  • Menghilangkan Debu atau Alergen – Bersihkan debu, alergen yang ada di kamar tidur karena dapat menyebabkan peningkatan dengkuran.

2. Ubah Gaya Hidup Anda

  • Berat Badan – Menurunkan berat badan membantu mengurangi jaringan lemak yang ada di tenggorokan, sehingga menghentikan dengkuran.
  • Gunakan Bantal Tebal – Menggunakan bantal yang lebih tebal dan mengangkat kepala Anda sejauh empat inci membantu meredakan dengkuran.
  • Olahraga – Jika Anda berolahraga maka akan sangat membantu dalam menyembuhkan dengkuran karena otot-otot tubuh menjadi kencang termasuk otot-otot tenggorokan yang memberi Anda kelegaan dari mendengkur. Ada latihan anti-mendengkur tenggorokan yang disarankan oleh spesialis bedah Implan Koklea . Latihan-latihan ini sangat dianjurkan untuk mengurangi masalah mendengkur.
Baca Juga :   Faktor Pemberian Alat Bantu Dengar yang Perlu Diketahui

3. Humidifier
Udara kering di kamar Anda juga menjadi alasan mendengkur. Gunakan humidifier atau vaporizer dan tambahkan beberapa tetes minyak peppermint atau minyak kayu putih ke vaporizer beberapa menit sebelum tidur.

4. Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih adalah obat yang efektif untuk mendengkur karena mengurangi pembengkakan hidung dan membantu pernapasan. Gosokkan minyak di hidung atau hirup uapnya.

5. Minyak Peppermint
Minyak peppermint mengandung sifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah pembengkakan pada lubang hidung dan melegakan pernapasan. Masukkan beberapa tetes minyak ke dalam air hangat dan kumur-kumur sebelum tidur.

Mendengkur adalah salah satu masalah yang paling umum di kalangan orang dewasa saat ini dan dapat dengan mudah disembuhkan dengan mengambil beberapa tindakan pencegahan dan menerapkan pengobatan yang disebutkan di atas dengan cukup efektif.

Demikian pembahasan Cara Mengatasi Masalah Mendengkur Saat Tidur, jika Anda mencari alat bantu dengar di Semarang atau kota besar lainnya, silahkan kunjungi Kasoem Hearing Center untuk mendapat bantuan, atau hubungi kami untuk  berkonsultasi pendengaran Anda secara online maupun offline.

Rate this post