10 Tips Cara Merawat Telinga dengan Benar
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

10 Tips Cara Merawat Telinga dengan Benar


Cara merawat telinga dengan benar, telinga merupakan anugerah Tuhan, tentu kita wajib bersyukur jika lahir dan hingga dewasa masih bisa mendengar dengan normal. Namun sudahkah Anda tau cara merawat telinga dengan benar, supaya Anda tida kehilangan pendengaran.

Bagaimana cara kerja telinga?

Mungkin disaat sekolah Anda tidak perduli dengan penjelasan ini. Jika Anda kurang memperhatikan selama pelajaran biologi sekolah, berikut penjelasan singkatnya. Ketika gelombang suara memasuki saluran telinga, mereka menggetarkan gendang telinga, membran timpani.

Baca Juga : 4 Cara Mengetahui Jika Perangkat Untuk Mendengar Rusak

Terletak di belakang selaput halus ini, di dalam telinga tengah, terdapat rantai tiga tulang halus, yang disebut ossicles. Getaran tersebut dibawa dari gendang telinga dalam reaksi berantai ke tulang terakhir, stapes, yang kemudian menyentuh jendela membran koklea berisi cairan. Gerakan cairan inilah yang mempengaruhi reaksi di saraf pendengaran (atau pendengaran).

Ada beberapa cara sederhana namun sangat efektif untuk cara  merawat telinga Anda. Berikut adalah 10 tip berguna untuk membantu Anda menjaga kesehatan jangka panjang mereka.

10 Tips Cara Merawat Telinga Dengan Baik dan Benar

  1. Jangan mendengarkan pemutar musik Anda dengan volume terlalu keras

Tidak dapat mendengar suara eksternal saat headphone Anda aktif, atau jika orang di sebelah Anda juga dapat mendengarnya, artinya suaranya terlalu keras. Kami merekomendasikan bahwa untuk pemutar MP3 atau perangkat yang setara, volume 60% selama 60 menit sehari sudah cukup.

  1. Gunakan penutup telinga atau penutup telinga untuk musik keras

Lindungi dengar colokan kanalDi konser, jauhi kebisingan secara teratur. Diperlukan waktu hingga 16 jam untuk memulihkan diri dari satu malam yang terlalu keras. Istirahat 5 menit secara teratur akan membantu telinga Anda pulih tetapi kenakan penutup telinga atau penutup telinga untuk perlindungan ekstra.

  1. Pertahankan suara serendah mungkin di TV dan radio

Suara bising yang menggelegar dari jam ke jam tidak pernah bagus dan jika Anda harus berteriak agar didengar, volumenya terlalu tinggi. Pengurangan halus dapat membuat semua perbedaan.

  1. Musik keras di dalam mobil

Sangat menggoda untuk memiliki lagu favorit kita meledak saat kita berkeliling. Tapi jangan berlebihan. Kebisingan di ruang terbatas memberi tekanan yang tidak semestinya di telinga Anda.

  1. Pencegahan kebisingan di tempat kerja

Jika Anda bekerja di, atau dekat dengan, lingkungan di mana Anda terganggu oleh kebisingan dan pendengaran Anda terpengaruh (bor, mesin, dll.), Bicarakan dengan Manajer SDM Anda.

  1. Jangan gunakan cotton bud

Menggunakan cotton bud adalah cara yang umum tetapi tidak disarankan untuk menghilangkan lilin. Kotoran telinga itu normal dan membersihkan sendiri telinga, mencegah masuknya debu dan partikel. Memasukkan kuncup atau jaringan ke dalam telinga juga dapat merusak gendang telinga Anda.

  1. Gunakan larutan kotoran telinga

Kami dapat merekomendasikan sejumlah opsi penghilang kotoran telinga yang akan melembutkan lilin sehingga mengalir keluar dengan uapnya sendiri. Minyak zaitun juga merupakan larutan yang mudah didapat dan mudah diberikan.

  1. Jaga telinga Anda tetap kering

Jika Anda tidak mengeringkan telinga dengan benar setelah mencuci atau berenang, kelembapan yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan bakteri, membahayakan saluran telinga. Tiriskan telinga Anda dengan memiringkan kepala ke satu sisi, jika Anda merasakan residu air dan handuk mengering dengan lembut setelah mandi atau berenang.

  1. Kendalikan stres

Tingkat stres dan kecemasan yang tinggi memberi tekanan pada saraf, aliran darah, dan panas tubuh Anda. Ini semua adalah pemicu tinitus (telinga berdenging). Jadi cobalah untuk tetap tenang.

  1. Terus bergerak

Olahraga teratur seperti berjalan kaki, berlari atau bersepeda membuat darah memompa – termasuk ke telinga – membantu kerja internal mereka tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Dan jika Anda khawatir dengan pendengaran Anda, mengapa tidak mengunjungi pusat alat dengar Kasoem Hearing Center?

Demikian pembahasan 10 Tips Cara Merawat Telinga dengan Benar, Jika mengalami gangguan pendengaran telinga jangan ragu, Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap