Denging Ditelinga Apakah Berhubungan Dengan Stres
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Denging Ditelinga Apakah Berhubungan Dengan Stres


Alat Bantu Dengar – Tinnitus sering kali merupakan gejala gangguan pendengaran atau masalah medis lainnya. Namun, telinga berdenging, berdengung, menderu, atau menderu-deru bisa diperburuk atau bahkan dipicu oleh stres. Ketika tinnitus kemudian menyebabkan lebih banyak stres, hal ini menciptakan denging yang menyebabkan kecemasan yang menyebabkan suara denging itu.

Reaksi seseorang terhadap tinitus bergantung pada bagaimana sistem saraf otonom merespons suara tinnitus. Otak kita memproses semua yang kita temui melalui filter emosional. Filter ini (sistem limbik) membantu kita menentukan apakah sesuatu itu positif, jinak, atau mungkin ancaman. Sementara tinnitus secara teknis “hanya suara”, itu bisa lebih dari itu bagi beberapa orang.

Suara di kepala atau telinga Anda mungkin menyebabkan masalah yang signifikan, tetapi Anda mungkin bertemu orang lain yang mengatakan bahwa mereka telah menderita tinitus selama 20 tahun dan baru saja “belajar mengabaikannya”.

Ketika otak Anda (secara tidak sadar) memutuskan bahwa tinitus adalah ancaman potensial, hal itu dapat menyebabkan stres, kecemasan, mudah tersinggung, dan membuat hampir tidak mungkin untuk mengabaikan suara yang mengganggu ini. Kami belum yakin apa yang membuat beberapa otak mengabaikan dan yang lain menganggap suara itu sebagai ancaman.

Sama seperti tubuh Anda memasuki mode “lawan atau lari” ketika Anda menghadapi ancaman yang nyata (seperti penyusup di rumah Anda), tinitus dapat memicu reaksi fisik dan emosional yang sama. Saat otak Anda mengkategorikan tinitus sebagai kemungkinan ancaman, hal itu dapat memicu peningkatan detak jantung, sesak napas, dan sulit tidur. Hal ini membuat Anda sulit berkonsentrasi atau rileks saat mengalami tinitus. Cobalah membaca majalah saat seseorang mencoba masuk ke rumah Anda!

Salah satu cara kami untuk memerangi respons stres ini adalah melalui latihan relaksasi. Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk melawan respons stres otonom dapat membantu. Relaksasi Otot Progresif, pernapasan dalam, mediasi, dan yoga adalah alat yang berguna untuk melawan respons stres. Beberapa pasien melaporkan penurunan gangguan tinnitus mereka dengan penggunaan metode ini dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Mitos Tentang Gangguan Pendengaran dan Faktanya

Selain itu, Anda dapat mencoba bentuk terapi suara sederhana: tambahkan suara yang menenangkan atau derau putih ke rutinitas menenangkan Anda untuk membantu meredakan tinnitus yang mengganggu dan membantu relaksasi. Untuk informasi lebih lanjut tentang pilihan pengobatan tinnitus, atau denging telinga apakah disebabkan oleh stress, silahkan kunjungi Kasoem Hearing Center.

Anda bisa mendapatkan alat bantu dengar di Surabaya dengan banyak jenis model, sesuai keinginan Anda. Silahkan kunjungi alamat Kasoem Hearing Center yang terdapat di berbagai kota besar Indonesia. Anda bisa hubungi kami untuk mencari informasi  tentang kendala pendengaran.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap