Fungsi alat bantu dengar atau ABD adalah memperkuat suara dari luar. Dengan alat bantu dengar, seseorang yang menderita gangguan pendengaran kemungkinan dapat mendengar lebih baik. Meski tak mengembalikan pendengaran seperti semula.

Alat bantu dengar atau hearing aid dapat dipasang pada satu telinga saja, atau keduanya sekaligus. ABD terdiri dari tiga komponen utama, yaitu mikrofon bekerja menerima suara dan mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik untuk dikirimkan ke amplifier.

Kedua, amplifier berfungsi meningkatkan kekuatan sinyal dan mengirimkan suara ke speaker. Lalu, ketiga adalah speaker bertugas membuat suara tersebut lebih keras ke telinga.

Alat Bantu Dengar Tak Hanya Memperkeras Suara

Selain itu, alat bantu dengar juga memiliki fungsi lain, yakni meningkatkan pendengaran dan pemahaman bicara. Karena, alat bantu dengar terkini, merupakan perangkat komunikasi yang canggih dan berteknologi maju.

Sehingga, dapat mengerti suara, menyaring kebisingan latar belakang, dan meningkatkan pemahaman ucapan penderita gangguan dengar. Apalagi, ketika penderita gangguan menggunakannya sesering mungkin secara teratur.

Selain memperkuat suara, ketika menggunakan alat bantu dengar, penderita mungkin mendapat manfaat seperti:

  • mendengar suara yang belum pernah terdengar sebelumnya
  • mendengar pembicaraan melalui telepon dengan lebih jelas
  • berkomunikasi lebih mudah dengan keluarga dan teman
  • dapat meningkatkan komunikasi dalam situasi mendengarkan yang bising, seperti di restoran atau dalam kelompok besar orang

Alasan mengapa alat bantu dengar saat ini lebih dari sekadar amplifier, karena ABD punya cara memperkuat suara secara selektif. Berikut mekanisme alat bantu dengar bekerja step by step.

  1. Mikrofon menangkap suara yang ada di sekitar
  2. Chip komputer menganalisis suara dan menyesuaikan dengan jenis gangguan pendengaran
  3. Suara kemudian dikirim ke amplifier
  4. Amplifier memperkuat suara dan dikirim ke speaker
  5. Speaker mentransmisikan suara ke dalam telinga bagian dalam, melalui selang di cetakan telinga di liang telinga atau melalui kabel tipis ke penerima di telinga
  6. Di telinga bagian dalam, suara diubah menjadi impuls listrik
  7. Otak menangkap impuls listrik lalu diproses menjadi suara
Baca Juga :   Nama Alat Bantu Pendengaran Modern, Apa Saja?

Jenis ABD dan Fungsi Lainnya

Ada berbagai jenis alat bantu dengar yang tersedia. Beberapa produk, memiliki feature tambahan sesuai kebutuhan dan seberapa parah gangguan pendengarannya. Berikut jenis-jenis alat bantu dengar yang tersedia.

Behind-the-Ear (BTE) atau di belakang telinga

Ini adalah jenis alat bantu dengar yang terletak di belakang telinga. Cara kerjanya, suara yang datang dan ditangkap speaker dalam badan plastik alat bantu dengar. Lalu, suara mengalir melalui kawat yang terkait di atas telinga dan masuk ke saluran telinga.

Receiver-In-The-Ear (RITE) atau Receiver-In-Canal (RIC)

RITE adalah model alat bantu dengar di belakang telinga yang memiliki speaker kecil di ujung kabel yang masuk ke dalam telinga. Alat bantu dengar jenis ini lebih unggul dari segi estetika dan risiko whistling feedback lebih rendah daripada BTE.

In-the-Ear (ITE) atau dalam telinga

Alat bantu dengar dalam telinga ini cocok untuk gangguan pendengaran ringan hingga berat. Karena In-the-Ear (ITE) memiliki ukuran besar yang dapat mengakomodasi fitur seperti directionality. Sehingga, penderita gangguan dengar lebih mudah memahami ucapan orang lain ketika berada dalam situasi bising.

Adapun In-the-Ear memiliki beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut.

  1. Invisible-In-the-Canal (IIC)
  2. Completely-In-the-Canal (CIC)
  3. In-the-Canal (ITC)
  4. Half-Shell
  5. Full-Shell

Di mana Menemukan Alat Bantu Dengar?

Memakai alat bantu dengar tak bisa sembarangan. Karena, orang dengan gangguan dengar perlu melakukan pemeriksaan pendengaran terlebih dahulu untuk mengetahui seperti apa kemampuan dengarnya. Untuk melakukan tes pendengaran pergi ke dokter spesialis atau hearing center, seperti Kasoem Hearing Center.

Sebagai satu-satunya hearing center yang mengantongi sertifikasi ISO 9001 2015, Kasoem Hearing Center melayani pemeriksaan lengkap untuk bayi, anak-anak hingga dewasa di berbagai daerah di Indonesia. Di samping itu, dengan tagline “One Stop Solution for All Hearing Problem” Kasoem Hearing Center menyediakan alat bantu dengar hingga cochlear implant sesuai kebutuhan pendengaran.

Rate this post