ITC (In The Canal ) Alat Pendengaran dan Cara Perawatannya
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

ITC (In The Canal ) Alat Pendengaran dan Cara Perawatannya


Alat Bantu Dengar ITC (In the canal) sendiri merupakan salah satu jenis yang memiliki banyak pengguna, sebab desainnya cukup simpel bahkan sangat samar jika tidak Anda lihat dengan seksama. Disamping itu produk tersebut terkenal dengan harganya mahal.

Perawatan ITC (In The Canal ) Alat Pendengaran

Alat bantu dengar saat ini menjadi hal penting yang harus dimiliki jika telinga mengalami penurunan fungsi baik untuk lansia maupun remaja dan dewasa. Meskipun demikian sebelumnya perlu memastikan bahwa kualitas yang Anda gunakan baik serta sesuai anjuran.

  1. Selalu Jaga Agar Fisik Tetap Bagus

Alat bantu dengan memiliki komponen vital baik dalam maupun luar perangkat. Oleh karenanya sangat penting menjaga fisik agar tidak sampai lecet. Selain itu usahakan tidak terlalu sering menjatuhkannya, karena memperbesar kemungkinan kerusakan internal.

Apabila hal tersebut sudah terjadi maka daya tangkapnya terhadap suara akan berkurang, sehingga mengganggu kinerja dari penggunanya. Sebaiknya segera periksakan kepada ahli terkait supaya cepat mendapatkan penanganan sehingga bisa menjalankan fungsinya kembali.

  1. Hindari Kelembaban di Dalam Alat Bantu Dengar

Kelembaban yang terjadi pada alat bantu dengar akan membuat produk tersebut cepat rusak. Umumnya hal ini bisa terjadi karena udara terlalu ekstrim baik panas maupun dingin. Agar tidak terpengaruh dengan kondisi cuaca maka perlu mempersiapkan wadah khusus.

Wadah tersebut berfungsi untuk menjaga agar alat bantu dengar tetap kering. Poin penting lainnya yang perlu Anda ketahui adalah,  sebelum mandi atau mencuci muka usahakan untuk melepasnya terlebih dahulu karena sebagian besar tidak tahan dengan air sehingga cepat rusak.

  1. Jaga Kebersihan Alat Bantu Dengar

Anda perlu membersihkan alat bantu dengar secara rutin. Waktu yang paling baik adalah sebelum tidur untuk menghindari terjadinya penumpukan kotoran yang bisa menghambat kinerja dari produk satu ini. meskipun demikian saat melakukannya ada prosedur tertentu.

Pastikan menggunakan alat sesuai anjuran yaitu bisa berupa tisu kering, sikat, dan kawat. Setiap jenisnya memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. Dalam hal ini  penting untuk memilih produk berbahan lembut serta berkualitas tinggi agar tidak membuat bodi luar tergores.

  1. Jaga Agar Tidak Terkena Air Hujan

Air hujan menjadi salah satu cairan yang sering dihindari oleh masyarakat karena dapat mengakibatkan kerusakan misalnya saja pada besi. Oleh sebab itu, saat Anda Berada di luar rumah dan tiba-tiba terjadi hujan maka jika kondisinya memungkinkan maka silahkan melepasnya.

Selanjutnya simpan pada tempat yang kering. Tindakan paling berisiko saat mengaplikasikan ITC adalah ketika menyimpannya. Hal ini karena ukurannya cukup kecil bahkan beberapa ada yang berwarna transparan, untuk itu memperbesar kemungkinan terjatuh dan hilang.

  1. Lepaskan saat Akan Istirahat

Sebelum istirahat usahakan untuk melepaskan alat bantu dengar agar tidak tertekan sehingga merusak sistemnya. Selain itu ukurannya yang minimalis meningkatkan resiko masuk ke dalam telinga sehingga bisa berakibat fatal.

Jangan lupa untuk membukanya jika sudah tidak Anda gunakan lagi, supaya bisa lebih menghemat baterai. Saat akan melakukan perjalanan jauh, ada baiknya menyediakan cadangan daya dengan kapasitas besar guna menghindari tiba-tiba mati saat diperlukan.

Baca Juga : Nama Alat Bantu Pendengaran Serta Ciri-cirinya

Demikian penjelasan mengenai perawatan alat bantu dengar ITC yang perlu Anda lakukan untuk menjaga keawetannya. Pastikan tidak menggunakan jenis pembersih basah baik lap maupun tisu, sebab akan membuat kondisi internalnya lembab dan memungkinkan kerusakan fungsinya.

Jika Anda membutuhkan peralatan bantu untuk mendengar silahkan hubungi, Untuk melakukan konsultasi gangguan pendengaran telinga di Kasoem Hearing Center,  secara online maupun offline dengan mengunjungi store Kasoem Hearing Center di Jakarta, Bandung, Medan dan kota besar lainnya.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap