Kesalahpahaman Umum Orang Tentang Alat Bantu Dengar Mitos Vs Fakta
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Kesalahpahaman Umum Orang Tentang Alat Bantu Dengar Mitos Vs Fakta


Banyak yang memiliki kesalahpahaman tentang menilai alat bantu dengar. Jika sebagai audiolog tentu tidak ada pandangan seperti hanya untuk orang tua atau terlalu mahal dan berapa kalimat yang tidak masuk akal tentang alat bantu dengar dilingkungan Anda.

Di dunia di mana ‘hoax’ menyebar dengan cepat seperti sinar cahaya, oleh sebab itulah artikel kali ini akan membahas tentang apa itu fakta dan apa itu mitos? Artikel kali ini untuk menjelaskan kesalahpahaman umum tentang alat bantu dengar!

Beberapa Keselahpahaman Tentang Alat Bantu Dengar

Kami akan menyanggah mitos alat bantu dengar berikut:

Menggunakan alat bantu dengar tentu jauh lebih layak daripada yang Anda kira. Penting untuk meluruskan semua fakta dan tetap berpikiran terbuka. Alat bantu dengar adalah pembangkit tenaga listrik kecil dan telah membantu jutaan orang di seluruh dunia dengan kebutuhan pendengaran mereka.

Kami akan memecahkan beberapa mitos paling banyak di ceritakan dilingkuan sekitar Anda, sehingga Anda dapat mengambil keputusan dan mudah-mudahan, memulai perjalanan Anda menuju kesehatan pendengaran yang lebih baik dengan Kasoem Hearing Center , penyedia layanan kesehatan pendengaran terbaik di Jakarta

Alat Bantu Dengar: Fakta Vs. Mitos

Mitos : Alat bantu dengar hanya untuk orang tua

Fakta: Alat bantu dengar adalah untuk semua orang dengan gangguan pendengaran, tanpa memandang usia mereka,

Gangguan pendengaran dapat terjadi karena berbagai alasan di semua tahap kehidupan. Setengah dari mereka yang terkena gangguan pendengaran adalah usia kerja, antara 16 hingga 64 tahun .

Kita hidup di dunia yang sangat berisik, Baik itu bekerja di lingkungan yang bising atau mendengarkan musik dengan earbud. Bahkan bayi dan anak kecil dapat mengalami gangguan pendengaran dan dapat memperoleh manfaat dari alat bantu dengar. Oleh karena itu, orang-orang dari segala usia harus secara teratur memeriksakan dan memantau pendengaran mereka .

Efek positif yang dialami pengguna alat bantu dengar diantaranya:

Mitos: Dengan alat bantu dengar,  telinga terlihat jelek seperti ada jempol
Fakta: Kemajuan teknologi memungkinkan alat bantu dengar menjadi tersembunyi

Alat bantu dengar modern , memiliki model ramping dan kecil. Bentuk sangat bisa menyesuaikan, sehingga ada kemungkinan seseorang yang Anda kenal memakainya dan Anda bahkan tidak pernah menyadarinya. Alat bantu dengar tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa dari mereka sangat kecil sehingga mereka dapat ditempatkan di dalam saluran telinga Anda, menjadi tidak terlihat oleh mata manusia.

Mitos : Alat bantu dengar tidak akan membantu Anda karena tidak berfungsi untuk teman atau anggota keluarga
Fakta : Apa yang berhasil untuk satu orang belum tentu berhasil untuk orang lain

Gangguan pendengaran setiap orang adalah unik bagi mereka dan begitu juga kebutuhan komunikasi mereka. Ada banyak faktor yang bisa sangat berbeda antara Anda dan, katakanlah, tetangga Anda. Alat bantu dengar dapat disetel dengan berbagai cara agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda.

Daripada berasumsi bahwa alat bantu dengar tidak akan bekerja untuk Anda, setidaknya Anda harus mempertimbangkan “tes pendengaran” . Jika Anda tidak yakin tentang apa yang diharapkan dari alat bantu dengar, ada baiknya bertanya kepada audiolog Anda pada saat tes pendengaran Anda.

Mitos : Satu alat bantu dengar sudah lebih dari cukup
Fakta : Dua lebih baik dari satu, tetapi satu lebih baik daripada tidak sama sekali

Ada alasan mengapa kita memiliki dua telinga. Mampu mengidentifikasi dari mana suara berasal hanya karena kita memiliki dua telinga. Mereka juga memberi kami pengalaman suara stereo dan memberi kami rasa keseimbangan.

Jika gangguan pendengaran Anda disebabkan oleh penuaan atau paparan kebisingan, kemungkinan besar kedua telinga terpengaruh. Dalam kasus seperti itu, memakai dua alat bantu dengar akan memberi Anda suara yang jauh lebih kaya dan lebih lengkap yang memberi Anda manfaat paling besar dan tingkat kepuasan yang lebih tinggi.

Baca Juga : Penyebab Pusing dan Hubungannya dengan Gangguan Pendengaran

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran hanya pada satu telinga. Pertama, ini perlu diuji dan diselidiki secara medis oleh profesional yang sesuai. Selanjutnya, satu alat bantu dengar dapat digunakan untuk tujuan tersebut. Satu-satunya cara untuk memastikan hal ini adalah dengan meminta audiolog melakukan tes pendengaran diagnostik. Setelah itu mereka dapat memberi tahu Anda tentang langkah selanjutnya.

Apa yang Harus Anda Lakukan?

Jangan ragu untuk menghubungi ahli kesehatan pendengaran,  atau silahkan kunjung outlet Kasoem Hearing Center yang tersebar dibanyak kota di Indonesia. Jangan sampai Anda menjadi satu bagian dari Kesalahpahaman Umum Orang Tentang Alat Bantu Dengar.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap