Kotoran Telinga Bisa Menjadi Penyebab Ketulian, Yuk Cari Tau
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Kotoran Telinga Bisa Menjadi Penyebab Ketulian, Yuk Cari Tau


Kotoran telinga bisa menjadi penyebab ketulian, sebagian besar gangguan pendengaran yang kita lihat adalah ketulian permanen dan gangguan pendengaran terkait usia, tetapi penting juga untuk diingat bahwa terkadang masalah pendengaran bisa bersifat sementara. Contohnya adalah gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kotoran telinga yang berlebihan atau berdampak dan lebih sering terjadi daripada yang Anda kira.

Apa Itu Kotoran Telinga?

Istilah medis untuk kotoran telinga adalah serumen dan merupakan bagian penting dari sistem pendengaran kita. Cerumen diproduksi oleh tubuh dan komposisinya yang lengket dan berminyak dengan mudah menarik debu, kotoran atau kotoran yang masuk ke saluran telinga kita. Bagi kebanyakan orang, kotoran telinga lama secara bertahap bekerja dari dalam ke luar telinga oleh gerakan otot dan tulang di rahang saat kita mengunyah atau berbicara. Telinga bagian dalam kita pada dasarnya membersihkan diri, karena serumen secara perlahan diproduksi dan bekerja melalui saluran telinga.

Kotoran telinga yang berlebihan

Kebanyakan orang menghasilkan kotoran telinga dalam jumlah yang tepat untuk sistem pendengaran mereka, dan secara efektif mengeluarkan kotoran telinga lama dari telinga. Namun, bagi sebagian orang, kotoran telinga yang berlebihan merupakan masalah dan bisa menjadi lebih memprihatinkan seiring bertambahnya usia. Kotoran telinga yang berlebihan jika tidak terdeteksi dan dibuang dapat menyumbat saluran telinga dan bahkan berdampak membuat pendengaran menjadi sulit.

Penumpukan kotoran telinga yang berlebihan ditemukan pada sekitar satu dari sepuluh anak. Di masa dewasa, risiko masalah kotoran telinga yang berlebihan meningkat menjadi sekitar satu dari setiap lima orang. Pada kelompok yang lansia, masalah kotoran telinga cukup umum, mempengaruhi sekitar satu dari setiap tiga orang dewasa yang lebih tua. Penelitian sekarang menunjukkan bahwa tingkat masalah kotoran telinga pada orang dewasa yang menua dalam kehidupan dengan bantuan mungkin setinggi dua kali lipat dari angka itu, dengan dua dari setiap tiga orang dewasa berurusan dengan penumpukan yang tidak terselesaikan.

Masalah yang Dapat Dicegah

Meskipun pendengaran yang teredam biasanya pulih saat penyumbatan saluran telinga diangkat, gangguan pendengaran yang terkait dengan kotoran telinga tidak ditangani dapat memiliki risiko dan konsekuensi yang sama seperti gangguan pendengaran permanen. Kehilangan pendengaran permanen dikaitkan dengan masalah kognitif dan kecelakaan jatuh dan sekarang terbukti bahwa gangguan pendengaran terkait kotoran telinga juga berbahaya.

Faktanya adalah, apakah gangguan pendengaran yang tidak diobati bersifat sementara atau permanen, pengalaman hidup dengan gangguan pendengaran adalah serupa. Gangguan pendengaran yang tidak diobati membuat Anda sulit untuk bernavigasi dan merespons lingkungan sekitar Anda. Itu dapat mengisolasi Anda dari teman dan keluarga dan membuat Anda tidak menikmati bahkan aktivitas favorit Anda.

Tingkat di mana gangguan pendengaran berlebih terdeteksi di fasilitas hidup berbantuan menunjukkan perlunya skrining dan perawatan yang lebih baik untuk orang dewasa yang menua. Melalui perluasan perawatan pencegahan di fasilitas hunian, sangat mungkin untuk menurunkan cedera yang tidak disengaja dan sangat meningkatkan kualitas hidup penghuni. Menjadikan pemeriksaan telinga dan pendengaran sebagai bagian rutin dari perawatan pasien dapat membantu menjamin bahwa masalah kotoran telinga tidak dibiarkan tidak terdeteksi dan tidak terselesaikan.

Bagaimana Solusi Kotoran Telinga yang Mengganggu

Menghilangkan kotoran telinga berlebih biasanya langsung dilakukan, tetapi harus dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan. Seorang spesialis pendengaran akan menggunakan alat yang disebut otoskop untuk melihat ke dalam saluran telinga dan mendeteksi penyumbatan yang mungkin terjadi. Memasukkan jari atau alat ke dalam liang telinga untuk menghilangkan kotoran telinga tidak pernah disarankan dan dapat menyebabkan kerusakan yang tidak disengaja.

Baca Juga : Apa Akibat Mendengar Suara Musik Terlalu Keras

Kotoran telinga yang berlebihan biasanya dapat dikeluarkan dengan air hangat atau obat tetes telinga. Larutan garam steril juga dapat melembutkan lilin yang terkena benturan. Petugas kesehatan kemudian dapat membuang sisa kotoran telinga atau menggunakan sendok kecil tumpul yang disebut kuret untuk mengendurkan serumen lebih lanjut. Untuk orang dewasa dengan kotoran telinga yang berlebihan, menggunakan obat tetes telinga secara berkala dapat membantu mengurangi masalah dan menjaga saluran telinga tetap bersih.

Apa pun penyebabnya, masalah pendengaran selalu patut Anda perhatikan. Baik solusinya terletak pada menghilangkan kotoran telinga yang terkena dampak atau menangani kerusakan pendengaran permanen dengan alat bantu dengar di Medan, Jika Anda memerlukan informasi tentang perangkat dengar silahkan hubungi kami, untuk melakukan konsultasi, atau datang langsung ke store Kasoem Hearing Center yang tersebar diberbagai kota di Indonesia.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap