Mengapa Kita Perlu Mendengar Dengan Jelas
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Mengapa Kita Perlu Mendengar Dengan Jelas


Alat Bantu Dengar – Gelombang suara dan telinga manusia menggambarkan konsep mengapa kita perlu mendengar. Sebagai salah satu indra kita yang paling penting, kemampuan mendengar memungkinkan kita terhubung ke dunia karena banyak alasan yang sangat penting, bahkan vital.

Yang terpenting, pendengaran menghubungkan kita dengan orang-orang yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan cara yang tidak dapat dicapai oleh indra kita yang lain. Sebagai aktivis dan pendidik abad ke-20 yang terkenal, Helen Keller, pernah berkata,

“Kebutaan memisahkan kita dari banyak hal, tetapi ketulian memisahkan kita dari manusia”

Meskipun benar bahwa semakin besar gangguan pendengaran, semakin parah kemampuan kita untuk berkomunikasi terpengaruh, dampak bentuk gangguan pendengaran yang lebih ringan dalam kehidupan sehari-hari tidak boleh diremehkan atau diabaikan.

Fungsi mendengar untuk berkomunikasi dengan orang lain

Kemampuan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain sangat bergantung pada kemampuan kita untuk memahami ucapan, yang merupakan salah satu suara paling kompleks yang harus kita dengarkan. Tanpa pendengaran yang baik di kedua telinga, memahami apa yang diucapkan seseorang membutuhkan lebih banyak konsentrasi dan bisa sangat melelahkan, terutama jika beberapa orang berbicara atau ada suara dibelakang.

Kesalahpahaman tentang apa yang dikatakan bisa sangat membuat frustasi baik bagi pendengar maupun pembicara dan dapat membuat bersosialisasi dengan teman dan pertemuan keluarga menjadi pengalaman yang sulit, jauh lebih tidak menyenangkan. Terlalu sering, ini mengarah pada menghindari situasi seperti itu atau meningkatkan ketergantungan pada pasangan atau teman dengan pendengaran yang lebih baik.

Hubungan dapat dengan cepat mulai rusak dengan tekanan mencoba mengatasi gangguan pendengaran bahkan sampai pada titik gangguan total dalam komunikasi, ketika gangguan pendengaran dibiarkan semakin parah sebelum mencari bantuan dan dukungan profesional.

Mendengar untuk suara di sekitar kita

Sama pentingnya dengan berkomunikasi dengan orang lain tentunya, mendengarkan hal-hal untuk semua kesenangan yang dapat dibawa dan perbedaan yang dapat dibuatnya untuk kualitas hidup kita. Mendengarkan musik, televisi dan radio, pergi ke bioskop atau teater, menghadiri tempat ibadah, pergi ke pertemuan untuk belajar atau sekadar untuk bersenang-senang serta mendengarkan suara-suara alam semuanya dapat dipengaruhi oleh kondisi pendengaran.

Meskipun kita semua adalah individu dan memiliki minat dan kebutuhan yang berbeda, suara-suara ini adalah bagian dari menikmati hidup sepenuhnya. Namun, betapa mudahnya kenikmatan dunia suara dapat dirusak atau menjadi tidak mungkin oleh kehilangan pendengaran tanpa bantuan yang dalam banyak kasus dapat dengan mudah dan efektif mendapatkan keuntungan dari teknologi pendengaran dan dukungan profesional yang dipersonalisasi .

Pendengaran dan keamanan pribadi

Ketergantungan pada pendengaran yang baik untuk keamanan pribadi tidak boleh dianggap remeh. Kita sering kali lebih mungkin mendengar potensi ancaman terhadap keselamatan kita sebelum terlihat, jika bisa dilihat sama sekali. Menyeberang jalan dengan berjalan kaki, mengemudikan kendaraan, menanggapi kebakaran, asap atau alarm penyusup di rumah, di tempat kerja atau gedung-gedung umum, dan kesadaran akan adanya orang lain yang mendekat yang mungkin berarti membahayakan kita semua adalah bagian dari kebutuhan sehari-hari, bahkan konstan. untuk pendengaran yang baik guna melindungi keselamatan pribadi dan kesejahteraan fisik kita.

Kita juga membutuhkan pendengaran yang baik untuk mengetahui dari mana datangnya suara. Siapa pun dengan pendengaran yang lebih baik di satu telinga daripada yang lain selalu memiliki kesulitan yang lebih besar dalam menentukan lokasi suara dan menilai seberapa jauh itu. Pendengaran yang sangat tidak seimbang seperti tidak adanya pendengaran di satu telinga membuat segala arah menjadi tidak mungkin terdengar dan bisa menjadi kemungkinan risiko keamanan dalam beberapa situasi.

Mendengar dan bekerja

Gangguan pendengaran yang tidak diobati dapat menimbulkan sejumlah konsekuensi di tempat kerja, dan banyak dari mereka yang mengalami gangguan pendengaran yang tidak perlu mengalami pengurangan kesempatan untuk promosi atau bekerja pada tingkat di bawah keterampilan, pengetahuan dan pengalaman mereka.

Sayangnya, beberapa orang tidak mau mengungkapkan bahwa mereka mengalami gangguan pendengaran dan menggunakan alat bantu dengar . Mencoba merahasiakan gangguan pendengaran bisa menjadi kesalahan – pemberi kerja secara hukum diwajibkan untuk membuat penyesuaian yang wajar bagi mereka yang memiliki disabilitas, dan kehidupan kerja Anda dapat dipermudah dengan bersikap terbuka kepada pemberi kerja tentang kebutuhan khusus apa pun.

Kehidupan kerja akan jauh lebih sedikit stresnya jika gangguan pendengaran Anda ditangani secara profesional dan teknologi yang paling tepat ditentukan, dipasang dan dipakai secara rutin. Jika bantuan keuangan diperlukan untuk membeli peralatan di tempat kerja, skema Akses ke Pekerjaan mungkin dapat membantu.

Kesehatan pendengaran dan mental

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah besar bukti ilmiah telah diterbitkan yang menyoroti hubungan antara gangguan pendengaran dan kesehatan mental. Jelas bahwa ada hubungan antara gangguan pendengaran tanpa bantuan dan penurunan kognitif dan demensia. Mengapa ini harus terjadi masih belum jelas dan banyak penelitian sedang dilakukan untuk mencoba dan menetapkan bagaimana dan mengapa gangguan pendengaran dan kesehatan kognitif dihubungkan.

Temuan penelitian penting yang diterbitkan dalam The Lancet pada 2017 menyatakan bahwa satu dari tiga kasus demensia dapat dicegah jika orang mengelola sejumlah faktor gaya hidup di usia paruh baya (antara usia 40 hingga 65) termasuk gangguan pendengaran.

Baca Juga : Tanda Anak Mengalami Ketulian yang Wajib Diketahui Secepatnya

Kehilangan pendengaran yang tidak terkelola menambah beban kognitif otak dan dapat menyebabkan isolasi sosial dan depresi, alasan yang baik untuk merawat pendengaran Anda dan memperhatikan tanda-tanda bahwa pendengaran Anda mungkin berubah (sama seperti Anda merawat penglihatan dan gigi kesehatan). Khususnya setelah usia 40 tahun, tes pendengaran harus menjadi bagian rutin dari perawatan kesehatan seperti tes penglihatan dan pemeriksaan gigi.

Tanda-tanda awal gangguan pendengaran

Tanda-tanda bahwa pendengaran mungkin berubah berbeda-beda pada setiap individu dan dengan gaya hidup yang berbeda, tetapi ini yang paling umum:

Sangat umum untuk mengabaikan tanda-tanda seperti ini, tetapi Anda dan keluarga akan merasa hidup lebih mudah jika Anda mengambil beberapa langkah sederhana untu bisa kembali mendengar. Untuk semua alasan di atas, pendengaran Anda sangat penting untuk kesejahteraan dan kualitas hidup Anda. Tes pendengaran bersifat langsung, mudah diatur dan biasanya tanpa biaya apapun bagi Anda. Semakin cepat Anda bertindak, semakin baik hasilnya, baik untuk Anda maupun orang-orang yang dekat dengan Anda.

Jika cari jual alat bantu pendengaran telinga, atau Anda hanya butuh bantuan atau saran dan hanya ingin berkonsultasi, hubungi kami untuk mendapat  Bantuan , ini bisa menjadi langkah awal untuk Anda terbebas dari gangguan pendengaran.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap