Mengapa Telinga Gatal Dan Bagaimana Cara Mengatasinya
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Mengapa Telinga Gatal Dan Bagaimana Cara Mengatasinya


Alat Bantu Dengar – Apakah Anda mengalami telinga gatal, lalu mengapa telinga gatal? Melawan keinginan untuk menggaruk jauh di dalam liang telinga Anda? Lupakan mitos nenek moyang yang Anda ketahui saat kecil. Ini tidak ada hubungannya dengan apakah seseorang berbicara tentang Anda atau tidak dan semuanya berkaitan dengan bagaimana kulit halus di telinga bagian dalam bereaksi terhadap lingkungan Anda.

Apa yang bisa menyebabkan telinga gatal?

Telinga Anda mungkin gatal di bagian luar telinga Anda (dikenal sebagai pinna), atau telinga Anda mungkin gatal jauh di dalam liang telinga Anda, yang masih dianggap telinga luar. Keduanya merupakan masalah yang memberatkan dan mengganggu. Telinga Anda yang gatal kemungkinan besar disebabkan oleh kasus dermatitis ringan, tetapi yang terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter. Berikut adalah alasan utama telinga Anda mungkin gatal, dan apa yang harus dilakukan:

Dermatitis seboroik pada telinga

Penyebab paling umum dari telinga gatal adalah kondisi yang disebut dermatitis seboroik , sejenis ruam yang memengaruhi kelenjar sebaceous, yang menghasilkan minyak. Itu bisa terjadi di kulit kepala dan alis, dan di telinga. Kasus ringan dermatitis seboroik menyebabkan kulit mengelupas, yang dikenal sebagai ketombe. Ketika dermatitis parah, kulit juga bisa menjadi merah dan sangat gatal.

Risiko Anda terkena dermatitis seboroik meningkat seiring bertambahnya usia, menurut Dr. Steve Daveluy, profesor dan direktur program di Wayne State University School of Dermatology.

Penyebab umum lainnya telinga Anda mungkin gatal

Alat bantu dengar dapat memperburuk masalah

Alat bantu dengar terkadang menimbulkan rasa gatal karena kubah atau penutup telinga menyebabkan iritasi dengan bergesekan dengan kulit. Mereka juga menyumbat saluran telinga, yang dapat menyebabkan penumpukan kelembapan. Jarang, beberapa orang menjadi alergi terhadap komponen alat bantu dengar.

Jika alat bantu dengar Anda menyebabkan telinga Anda gatal, bicarakan dengan ahli kesehatan pendengaran Anda. Mereka akan memeriksa kecocokan untuk memastikan perangkat Anda terpasang dengan benar. Jika kulit di telinga Anda kering, mereka mungkin merekomendasikan penggunaan produk seperti MiraCell ProEar, yang membuat alat bantu dengar lebih mudah dimasukkan dan lebih nyaman dipakai. Pastikan juga untuk membersihkan alat bantu dengar Anda secara teratur. Mintalah panduan dari penyedia layanan pendengaran Anda jika Anda tidak yakin tentang cara membersihkan alat bantu dengar.

Earbud juga dapat menyebabkan iritasi, gatal, dan infeksi telinga

Jika Anda sering memakai earbud (sejenis headphone yang terpasang tepat di dalam liang telinga), perlu diingat bahwa penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi telinga, termasuk bengkak dan gatal. Dalam kasus yang parah, earbud yang tidak bersih dapat memicu infeksi telinga luar (otitis eksterna), yang lebih dikenal sebagai telinga perenang .

Cara mengobati telinga gatal

Pertama, jangan menaruh apapun di telinga Anda. Meskipun Anda tergoda untuk memasukkan sesuatu ke dalam liang telinga untuk menggaruk yang gatal, namun sebenarnya Anda tidak boleh melakukannya. Tidak hanya berisiko merusak gendang telinga dan menggaruk kulit halus di telinga bagian dalam, Anda juga meningkatkan keinginan untuk gatal. Semakin banyak Anda menggaruk, semakin Anda akan gatal.

Sebaliknya, coba atasi masalah yang mendasarinya. Jika Anda berketombe, coba gunakan sampo berketombe. Jika rasa gatal Anda meradang bersamaan dengan alergi musiman, cobalah minum antihistamin. Untuk mengurangi kekeringan yang terkait dengan pembersihan telinga yang berlebihan atau penyumbatan kotoran telinga, oleskan beberapa tetes baby oil atau minyak zaitun sebelum tidur di malam hari.

Bisakah Anda mencegah telinga gatal?

Ya, dan pencegahan itu penting. Untuk mengurangi risiko timbulnya telinga gatal, tahan keinginan untuk memasukkan barang seperti penyeka kapas , jepit rambut, kain pelintir atau ear candle ke dalam liang telinga. Benda-benda ini dapat menghilangkan kotoran telinga pelindung atau mendorong kotoran telinga lebih dalam ke dalam liang telinga. Mereka juga dapat merusak kulit atau menusuk gendang telinga, yang meningkatkan risiko infeksi. Mengapa telinga gatal.

Mengapa telinga sangat sensitif?

Lingkungan di telinga bagian dalam Anda unik dan menghadapi beberapa “tantangan khusus”,

“Karena kehangatan dan kelembapan, saluran telinga berisiko lebih tinggi terinfeksi oleh bakteri. “Untuk melindungi dari ini, kulit saluran telinga memiliki kelenjar minyak khusus (disebut kelenjar ceruminous) yang mengeluarkan kotoran telinga. Sama seperti hidung, saluran telinga juga menumbuhkan bulu-bulu kecil untuk membantu mencegah kotoran masuk ke telinga. ”

Atribut unik lainnya dari kulit telinga bagian dalam adalah tidak mengandung kelenjar keringat ekrin, jenis yang digunakan oleh tubuh kita lainnya untuk mengeluarkan keringat saat kita merasa hangat atau stres. Ini, bersama dengan sifat lilin dari cerumen, membantu mencegah penumpukan kelembapan di saluran.

Kapan harus mencari perawatan medis

Jika Anda tidak mengetahui penyebab gatal Anda, telah mencoba pengobatan rumahan yang tidak membantu, mengalami kerusakan pada kulit atau mengalami nyeri dan bengkak, penting untuk segera mencari pertolongan medis karena infeksi di telinga bisa terjadi. berbahaya.

Baca Juga : Apakah COVID-19 Dapat Merusak Sistem Pendengaran?

Dokter keluarga Anda dapat mendiskusikan gejala Anda, memeriksa kulit Anda dan menentukan diagnosis yang tepat untuk merumuskan rencana perawatan yang efektif. Jika Anda memiliki kasus yang rumit, Anda mungkin akan dirujuk ke dokter kulit atau dokter telinga, hidung, dan tenggorokan.

Jangan biarkan telinga gatal menghalangi Anda memakai alat bantu dengar

Telinga gatal bisa mengganggu, tetapi seharusnya tidak menghalangi Anda untuk memakai alat bantu dengar seperti yang ditentukan. Seringkali kondisi ini mudah diatasi, membuat Anda bebas untuk menjadi bagian dari setiap percakapan — tidak peduli apa yang dikatakan orang.

Demikian pembahasan tentang mengapa telinga gatal dan bagaimana cara mengatasinya, artikel ini rangkum dari berbagai sumber, untuk memastikan silahkan Anda mengunjungi dokter specialis. Jika Anda mengalami gangguan pendengaran dan hendak menggunakan perangkat dengar. Anda bisa mengunjungi Kasoem Hearing pusat jual alat bantu dengar di Jakarta atau Silahkan hubungi kami, untuk melakukan konsultasi.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap