Mengatasi Telinga Berdenging (Tinnitus) Dengan Cara Ampuh
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Mengatasi Telinga Berdenging (Tinnitus) Dengan Cara Ampuh


Alat Bantu Dengar di Medan – Cara mengatasi telinga berdenging atau tinnitus, banyak dari kita pernah mengalami telinga berdenging atau berdengung mengganggu setelah acara keras, seperti konser dan pertandingan olahraga.

Tapi bagaimana jika suara itu bertahan lama terus menerus ? Mendengar suara yang terputus-putus atau terus menerus di telinga dikenal sebagai tinnitus, dan ini adalah kondisi yang sangat umum, mempengaruhi sekitar 50 juta orang Amerika, menurut sebuah penelitian tahun 2010.

Dan bagi 10 persen penderita tinnitus tersebut, kondisinya cukup serius hingga menimbulkan kecemasan dan mengganggu kehidupan sehari-hari. “Tinnitus dapat menghalangi orang untuk berkonsentrasi, tidur, dan menikmati aktivitas sehari-hari,” kata William H. Martin, PhD, direktur Klinik Tinnitus di Pusat Penelitian Pendengaran Oregon Health & Science University.

Sekitar 14 hingga 16 juta orang mencari pengobatan untuk kondisi ini, dan ini sangat umum di antara para veteran yang kembali dari pertempuran. Dalam kasus yang parah, bunyi dering, dengung, klik, atau desis yang terdengar di salah satu atau kedua telinga dapat melemahkan. Tinnitus berbeda untuk setiap orang, dan suaranya mungkin sesekali atau konstan. Beberapa orang mengatakan bahwa mereka mendengar denyutan di kuping yang disesuaikan dengan setiap detak jantung.

Apa penyebab tinnitus telinga berdenging?

Para peneliti tidak tahu persis apa yang menyebabkan tinitus, tetapi mereka percaya bahwa penembakan saraf yang berlebihan dalam sistem pendengaran menciptakan suara yang dirasakan, seringkali setelah terjadi gangguan pendengaran.

Kondisi ini sering kali disebabkan oleh suara ledakan yang keras seperti suara tembakan atau kembang api. Beberapa masalah medis atau obat-obatan juga dapat menyebabkan telinga berdenging. Meskipun saat ini tidak ada obat untuk tinnitus, ada beberapa strategi yang dapat meredakannya. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.

Strategi pengobatan cara mengatasi telinga berdenging

Inilah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk cara mengatasi telinga berdengung :

  1. Mengurangi Stres

Baik itu meditasi, terapi perilaku kognitif, terapi kesadaran, atau terapi suara, menemukan cara untuk mengurangi reaksi mental negatif Anda terhadap tinitus adalah kuncinya. Kecemasan, sulit tidur, dan stres tingkat tinggi sebenarnya dapat memperburuk tinitus, sementara terapi yang dirancang untuk membantu Anda rileks dapat mempermudah mengatasi gejala dan menikmati kualitas hidup yang lebih baik.

  1. Konsultasikan Dengan Dokter

Tinnitus sering kali merupakan tanda pertama gangguan pendengaran ketulian, jadi membuat janji dengan dokter Anda adalah langkah pertama yang penting jika Anda melihat kuping berdenging atau berdengung terus-menerus.

Jika dokter Anda menemukan bahwa Anda memang mengalami gangguan pendengaran, alat bantu dengar dapat membantu. Jika ada masalah kesehatan mendasar yang sederhana seperti infeksi telinga atau penyumbatan kotoran telinga, mereka dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah ini dan tinitus Anda dapat hilang.

Jika dokter Anda menganggap perlu, mereka mungkin merujuk Anda ke spesialis seperti ahli otologi (dokter spesialis telinga) atau audiolog (profesional yang menangani masalah pendengaran). Anda juga harus berbicara dengan dokter Anda tentang obat apa pun yang saat ini Anda minum, atau telah dikonsumsi dalam jangka panjang, karena banyak obat yang merusak telinga dan telah dikaitkan dengan tinitus.

  1. Cobalah Terapi Pendengaran

Terapi suara adalah pengobatan tinitus yang populer dan sangat efektif. Mendengarkan suara ambien yang halus melalui perangkat atau aplikasi membuat Anda kurang fokus pada suara tinnitus Anda. Idenya adalah saat pikiran Anda semakin terbiasa mendengar suara latar tersebut, tinitus Anda akan semakin berkurang. Aktor William Shatner, yang mengalami tinitus setelah ledakan di lokasi syuting Star Trek , mengatakan bahwa terapi habituasi adalah satu-satunya pengobatan yang membantunya mengatasi gejalanya.

  1. Gunakan Alat Bantu Dengar (Hearing Aid)

Karena gangguan pendengaran dan tinitus sering terjadi secara bersamaan, banyak alat bantu dengar yang dilengkapi dengan teknologi manajemen tinnitus bawaan, seperti program penyamaran suara. Selain program-program ini, alat bantu dengar memberikan bantuan dengan memperkuat suara lain yang Anda dengar, yang akan membuat tinnitus Anda tidak terlalu kentara. Mereka juga mengurangi stres dengan membuatnya lebih mudah untuk mendengar pembicaraan di telinga Anda.

  1. Diet Mediterania

Meskipun tidak ada makanan atau minuman yang secara langsung menyebabkan tinitus, beberapa di antaranya dapat memperburuk gejala Anda dan sebaiknya dihindari. Daftar ini mencakup alkohol, kafein, gula, garam, dan lemak jenuh. Mungkin sulit untuk menghapus item ini dari diet Anda sepenuhnya, tetapi menargetkan diet Mediterania yang lengkap yang tinggi ikan, sayuran hijau, minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah dan rendah daging merah serta makanan olahan , akan membantu menjaga gejala tinnitus Anda dapat ditangani.

Baca Juga : Mengalami Tanda Gangguan Pendengaran Karena Suara Bising

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk cara mengobati tinnitus ataupun cara mengatasinya, yang mungkin bisa menjadi cara menyembuhkan tinnitus yang Anda alami saat ini. Cara lain yang banyak digunakan ialah Minyak zaitun untuk telinga, umum digunakan untuk membersihkan kotoran telinga. Minyak zaitun pula kerapkali digunakan untuk mengeluarkan serangga yang masuk ke dalam telinga.

Apabila anda yang berada di Medan memiliki masalah pada pendengaran, dan membutuhkan bantuan dari ahli alat bantu dengar di Medan, anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi masalah pendengaran telinga online. Supaya bisa mengatasi masalah Anda segera.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap