Mengapa Menjaga Telinga Tetap Kering Itu Penting ?
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Mengapa Menjaga Telinga Tetap Kering Itu Penting ?


Alat Bantu Dengar di Padang – Saat musim panas tiba, kebanyakan orang sering mandi atau berenang untuk sekedar menyegarkan diri. Tak jarang mereka juga akhirnya mengeluh sakit telinga yang parah. Sakit telinga ini mungkin disebabkan oleh infeksi telinga atau oleh karena penumpukan dan penyumbatan kotoran telinga.

Infeksi telinga dapat mempengaruhi telinga tengah seperti pada kasus otitis media atau dapat mempengaruhi saluran telinga luar seperti pada kasus dermatitis telinga atau otitis eksterna kronis. Dalam semua kasus ini, perawatan THT segera disarankan untuk mencegah gangguan pendengaran konduktif.

Mengapa telinga kita harus tetap kering?

Dari sejak kecil tentu kita sudah sering mendapat nasehat dari orang tua untuk sering membersihkan telinga, bukan berarti kita merendamnya dengan air, tetapi cukup menyeka dengan bahan yang lembut.

Apa yang terjadi jika telinga basah? Jika telinga basah, saluran telinga masuk dengan air. Air ini menghilangkan kotoran telinga pelindung di telinga. Saat kotoran telinga hilang, bakteri atau jamur merayap masuk dan berkembang biak. Infeksi telinga ini menyebabkan sakit telinga dan jika tidak ditangani, bahkan Gangguan Pendengaran Konduktif .

Beberapa infeksi telinga seperti Dermatitis telinga , Otitis Media dan eksim telinga dapat disebabkan karena telinga yang basah. Itulah mengapa penting untuk selalu menjaga telinga kita tetap kering.

Baca Juga : Hubungan Antara Osteoporosis dan Gangguan Pendengaran

Apa masalah telinga yang disebabkan karena telinga tidak kering?

The Dermatitis dari saluran telinga eksternal secara klinis disebut sebagai “Otitis Externa” dan umumnya sebagai “telinga perenang atau Surfer”. Ini menyebabkan pembengkakan dan kemerahan pada telinga luar.

Gejala dermatitis telinga berkisar dari gatal pada saluran telinga, keluarnya cairan atau nanah, sakit telinga, dan bahkan gangguan pendengaran sementara.

Jika segera dilakukan pengobatan THT, kondisi ini mudah disembuhkan. Jika diabaikan, hal itu dapat memperburuk eksim telinga atau bahkan Gangguan Pendengaran Konduktif

Telinga yang tidak diobati Dermatitis yang disebabkan oleh telinga basah dapat menyebabkan eksim telinga. Eksim telinga ditandai dengan kemerahan, bengkak, mengelupas dan otorrhea atau keluarnya cairan dari telinga. Biasanya, perenang rentan terhadap eksim telinga karena membiarkan telinga basah tanpa membuatnya kering.

Eksim telinga ini bisa terasa nyeri dan harus ditangani oleh dokter spesialis THT. Jika eksim telinga semakin terinfeksi oleh bakteri, hal itu dapat menyebabkan penumpukan dan penyumbatan kotoran telinga , yang menyebabkan ketulian sementara.

Otitis media infeksi telinga tengah yang disebabkan oleh tidak mengeringkan telinga dengan benar setelah berenang atau mandi. Peradangan telinga tengah ini mungkin disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau jamur.

Peradangan telinga tengah ini mungkin disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau jamur. Jamur Aspergillus, bakteri Pseudomonas dan virus Herpes dapat menyebabkan infeksi ini.

Semua patogen ini berkembang biak di daerah lembab atau basah dan disebabkan oleh telinga yang basah setelah mandi atau berenang. Terkadang, telinga yang berlubang atau kelainan kekebalan juga bisa menjadi penyebab otitis media.

Gejala otitis media berkisar dari pembengkakan, kemerahan, sakit telinga, demam, keluarnya cairan, vertigo atau kehilangan keseimbangan tubuh, dan terkadang bahkan gangguan pendengaran konduktif . Karena sebagian besar gejala ini mirip dengan kondisi medis lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan spesialis THT untuk menyembuhkannya

Ada 3 jenis otitis media – otitis media akut, otitis media supuratif kronis dan otitis media dengan efusi. Ketiga kondisi tersebut, jika tidak ditangani dengan benar, dapat menyebabkan gangguan pendengaran konduktif.

Itulah mengapa penting untuk terlebih dahulu mendiagnosis jenis otitis media yang dimiliki pasien. Ini dilakukan secara efisien di Rumah Sakit THT  dimana dokter ahli telinga melakukan tes khusus untuk mendiagnosis secara akurat.

Selain menggunakan otoskop, Timpanometri dilakukan untuk menilai jenis dan luas infeksi

Perawatan otitis media berkisar dari antibiotik oral dan suntikan hingga prosedur bedah ringan yang disebut miringotomi untuk kasus yang paling parah.

Tips agar telinga Anda tetap kering

Telinga Anda adalah alat bantu dengar terbesar Anda. Lindungi mereka dengan menjaganya selalu kering. Selalu berkonsultasi dengan spesialis THT yang baik jika ada penyakit telinga.

Demikian pembahasan Mengapa penting untuk menjaga telinga tetap kering, jika Anda mencari jual alat bantu dengar modern dengan berbagai model, silahkan kunjungi Kasoem Hearing Center untuk mendapat bantuan, atau hubungi kami untuk  konsultasi pendengaran Anda secara online.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap