Mitos Tentang Gangguan Pendengaran dan Faktanya
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Mitos Tentang Gangguan Pendengaran dan Faktanya


Alat Bantu Dengar – Kehilangan pendengaran memengaruhi jutaan orang Indonesia dan bahkan lebih banyak lagi di seluruh dunia, tetapi banyak orang tidak tahu banyak tentangnya. Bahkan orang yang memiliki keluarga atau teman dengan gangguan pendengaran mungkin masih kurang pengetahuan tentang kebenaran dan fakta gangguan pendengaran. Kami di sini untuk menghilangkan prasangka kesalahpahaman dan kesalahpahaman tentang gangguan pendengaran.

Beberapa Mitos Gangguan Pendengaran Beserta Fakta

Mitos: Kehilangan pendengaran bisa dikembalikan
Fakta : Ini adalah kesalahpahaman besar yang mungkin dimiliki orang tentang gangguan pendengaran. Bahkan dengan keajaiban teknologi dan medis saat ini, gangguan pendengaran tidak dapat dibalik kembalikan. Begitu Anda mulai kehilangan pendengaran, Anda tidak bisa mengembalikannya seperti semula, jadi pencegahan adalah kuncinya .

Mitos: Gangguan pendengaran = Tuli
Fakta: Banyak orang bingung dan menyamakan gangguan pendengaran dan tuli. Meskipun mereka, tentu saja, berhubungan, tidak semua orang yang mengalami gangguan pendengaran adalah Tunarungu. Kehilangan pendengaran pada akhirnya dapat menyebabkan ketulian penuh, tetapi sebagian besar gangguan pendengaran adalah bagian dari proses penuaan , sementara ketulian seringkali merupakan kondisi bawaan sejak lahir.

Mitos: Kehilangan pendengaran hanya mempengaruhi orang tua
Fakta: Meskipun gangguan pendengaran terkait usia adalah jenis gangguan pendengaran yang paling umum , gangguan pendengaran dapat terjadi pada semua usia. Bertahun-tahun terpapar suara keras, terutama di tempat kerja Anda , dapat menyebabkan gangguan pendengaran lebih dini. Infeksi telinga sering kali menjadi penyebab gangguan pendengaran pada orang yang lebih muda, anak-anak dengan infeksi telinga kronis pada akhirnya dapat mengalami gangguan pendengaran jika tidak ditangani dengan benar dan cepat. Orang juga terlahir dengan gangguan pendengaran, ini disebut gangguan pendengaran bawaan, dan ada banyak penyebab yang berbeda.

Mitos: Kehilangan pendengaran tidak bisa dihindari
Fakta: Ada banyak langkah yang dapat Anda lakukan sepanjang hidup untuk menurunkan risiko gangguan pendengaran. Menjaga kesehatan secara umum itu penting, karena kondisi tertentu seperti diabetes dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran. Selain itu, menghindari paparan suara keras sangat penting untuk mencegah gangguan pendengaran. Mengenakan penutup telinga di konser , pelindung telinga saat melakukan pekerjaan halaman , dan meminimalkan kebisingan di tempat kerja adalah langkah penting yang dapat Anda lakukan.

Baca Juga : Cara Liburan Membawa Alat Bantu Dengar yang Perlu Diketahui

Mitos: Alat bantu dengar terlalu mahal bagi kebanyakan orang
Fakta: Alat bantu dengar bisa mahal, tetapi ada cara untuk mengimbangi biayanya. Sayangnya, alat bantu dengar tidak ditanggung oleh beberapa penjamin kesehatan . Jika Anda memiliki asuransi kesehatan swasta, mereka mungkin membayar sebagian dari biayanya, tanyakan kepada penyedia Anda untuk mengetahui lebih lanjut. Namun, banyak perusahaan alat bantu dengar menawarkan paket pembayaran agar alat bantu dengar Anda lebih terjangkau. Selain itu, jika Anda kesulitan keuangan, ada cara untuk mendapatkan alat bantu dengar gratis atau terjangkau .

Mitos: Anda harus berteriak saat berbicara dengan orang yang mengalami gangguan pendengaran
Fakta: Seperti yang dikatakan oleh orang yang mengalami gangguan pendengaran, berbicara lebih keras sering kali tidak membantu. Kehilangan pendengaran sering kali merupakan masalah kejelasan, bukan volume, jadi berteriak hanya mengganggu semua orang. Cara terbaik untuk mengatasi gangguan pendengaran adalah mendapatkan alat bantu dengar, yang akan sangat meningkatkan kejernihan dan kualitas suara yang Anda dengar.

Itulah mitos tentang gangguan pendengaran yang salah beserta fakta sebenarnya, selalu jaga indera pendengaran Anda, supaya terus bisa mendengar dengan jelas hingga hari tua.

Jika Anda membutuhkan tempat jual alat pendengaran telinga, Anda bisa mengunjungi Kasoem Hearing Center. Atau hubungi kami untuk mendapatkan informasi outlet terdekat di kota Anda.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap