Penyebab Gangguan Pendengaran Pada Anak Serta Ciri Dan Gejalanya
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Penyebab Gangguan Pendengaran Pada Anak Serta Ciri Dan Gejalanya


Alat Bantu Dengar Medan – Beberapa waktu terakhir, jual alat bantu dengar di Medan mengalami peningkatan pasien selain lansia yaitu anak-anak. Hal ini berkaitan dengan perkembangan teknologi serta dari penyebab eksternal. Oleh sebab itu para orang tua penting mengetahui berbagai penyebab berkurangnya pendengaran yang dimiliki seseorang.

Penyebab gangguan Pendengaran pada Anak

Anak-anak saat ini sangat rentan terkena gangguan pendengaran karena beberapa sebab baik internal maupun eksternal. Guna mencegahnya, para orang tua harus mengetahui kemungkinan terjangkit serta cara penanganan yang tepat. berikut ulasannya:

  1. Kelainan Genetik atau Donor Darah

Terkait gen bisa mempengaruhi adanya gangguan terhadap pendengaran baik dari pihak ayah maupun ibu. Oleh sebab itu jika sudah mengetahuinya maka pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala supaya dapat mengetahui bagaimana perkembangan bayi.

Penyebab lainnya yaitu dengan transfusi darah, hal ini berkaitan dengan DNA. Hal ini melatarbelakangi pentingnya mengetahui riwayat kesehatan pendonor. Tujuannya yaitu meminimalisir terjadinya kerusakan sehingga kinerjanya tetap optimal.

  1. Infeksi Selama Masa Kehamilan pada Janin

Masalah kesehatan yang bisa mempengaruhi terhadap pendengaran janin seperti campak Jerman dan toksoplasmosis. Oleh sebab itu, selama masa kehamilan sebaiknya selalu jaga kesehatan dan lakukan pemeriksaan secara berkala sehingga jika terjadi kelainan maka akan cepat terdeteksi.

Selain itu kelahiran prematur dapat memperbesar kemungkinan adanya gangguan pendengaran jika salah saat perawatannya. Bagi para penderita diabetes, sebaiknya juga berhati-hati selama masa kehamilan. Usahakan untuk mengurangi penyebab naiknya kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Kebisingan atau Suara Ledakan

Suara yang terlalu keras dapat menimbulkan gangguan pendengaran pada telinga, terutama jika masih anak-anak. Hal ini karena komponen penyusunnya terbilang masih lemah sehingga akan mudah rusak apabila terjadi peningkatan volume yang mereka dengar secara signifikan.

Suara keras bisa menimbulkan gangguan pendengaran, bahkan bisa permanen apabila bagian gendang rusak secara permanen. Oleh sebab itu jika kemungkinan akan berkunjung ke tempat ekstrim atau dengan tekanan udara tinggi maka sebaiknya dilengkapi dengan penutup telinga.

  1. Penyakit Tertentu Dapat Berupa Bawaan atau Bersifat Internal

Seorang anak bisa mengalami gangguan pendengaran jika mengalami gangguan kesehatan tertentu misalnya meningitis, cacar air, dan campak. Selain itu saat mengalami flu tidak menutup kemungkinan mereka akan mengalami penurunan pendengaran.

Umumnya setelah flu sembuh maka akan membaik seperti sedia kala, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun apabila ada gejala lain maka sebaiknya segera bawa ke dokter spesialis agar mendapatkan penanganan sesegera mungkin sehingga efek buruknya dapat ditekan.

  1. Kelainan Saraf dan Otak pada Anak Usia Dini

Anda bisa mengetahui diagnosa ini dengan memeriksakannya kepada dokter terkait agar informasi yang diterima lebih valid. Pihak tenaga medis umumnya akan bertanya mengenai keluhan, riwayat kesehatan pasien dan suara yang sering mereka dengar seperti halnya bunyi nging atau lainnya.

Baca Juga : Cara Merawat Hearing Aid Supaya Tidak Mudah Rusak

Selanjutnya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan otoskop untuk memeriksa saluran telinga pada bagian luar. Tindakan ini bermanfaat untuk mendeteksi apakah ada gangguan pada bagian gendang telinga atau tidak misalnya berupa sumbatan serta peradangan.

Demikian penjelasan mengenai penyebab anak mengalami ketulian dari jual alat bantu dengar di Medan yang dapat Anda jadikan referensi. Gangguan pendengaran sendiri cukup mengganggu dapat menghambat pekerjaan. Meskipun demikian saat menggunakan produk ini harus tau cara merawat agar hasilnya lebih maksimal lagi.

Anda membutuhkan alat bantu dengar anak di Medan? silahkan hubungi kami, untuk melakukan konsultasi gangguan pendengaran telinga di Kasoem Hearing Center.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap