Mengenal Penyebab Ketulian Telinga pada Orang Dewasa
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Mengenal Penyebab Ketulian Telinga pada Orang Dewasa


Alat Bantu Dengar – Mengenal penyebab ketulian telinga pada orang dewasa, sebelum memutuskan untuk mengunjungi dokter THT untuk pemeriksaan. Kasoem Hearing Center menyediakan berbagai jenis alat bantu pendengaran untuk menunjang pendengaran supaya lebih jelas terutama saat berada di tempat yang bising. Meskipun demikian, sebelumnya pastikan memilih sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mencegah kondisi lebih parah. Oleh karena itu, sebaiknya mencegahnya sedini mungkin.

Ketahui Penyebab Ketulian pada Orang Dewasa

Telinga merupakan salah satu panca indera yang perlu menjaga kesehatannya supaya tidak rusak dan dapat berfungsi dengan optimal. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan seseorang akan mengidap masalah kesehatan tersebut. Berikut beberapa penyebab ketulian pada orang dewasa:

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan kesehatan tertentu sebaiknya hindari mengkonsumsi obat-obatan secara sembarang dan pastikan memilih sesuai dengan resep dokter. Hal ini karena ada beberapa kandungan yang dapat mengakibatkan gangguan pendengaran mulai ringan sampai berat.

Sebaiknya bicarakan terlebih dahulu kepada dokter terkait tentang obat yang Anda gunakan, untuk mencegah terjadinya efek samping berupa penurunan pendengaran. Jika terpaksa sebaiknya meminta dosis paling rendah, supaya tidak sampai merusak sistem kerja dari telinga atau organ lain.

Otosklerosis merupakan penyebab terjadinya gangguan pendengaran paling sering pada telinga bagian tengah. Ciri-ciri dari penyakit ini adalah tulang-tulang kecil di telinga menjadi kacau dan semakin sulit bergerak. Kondisi tersebut menyebabkan terhambat penghantaran gelombang suara.

Gangguan pendengaran yang terjadi secara bertahap buka langsung menghilang secara signifikan. penderita otosklerosis akan mengeluhkan adanya pendengaran yang berbunyi atau biasa disebut dengan tinnitus. Seringkali penanganannya dengan cara melakukan operasi pembedahan.

Penyakit meniere sendiri umumnya terjadi pada telinga bagian dalam, sehingga untuk mendeteksinya maka perlu melakukan pemeriksaan secara intens. Gangguan kesehatan ini bisa mengakibatkan terjadinya vertigo atau sensasi berputar pada penderitanya bisa lama atau sebentar.

Penyebab dari penyakit tersebut hingga kini belum dapat diketahui secara pasti. Biasanya akan menjangkit pada rentang usia 30 – 50 tahun. Gejalanya sendiri sebenarnya bisa muncul dan menghilang secara tiba-tiba. Jika terjadi kepada Anda usahakan untuk tidak mengabaikannya.

Suara yang terlalu keras dapat menimbulkan gangguan pendengaran pada telinga, terutama jika masih anak-anak. Hal ini karena komponen penyusunnya terbilang masih lemah sehingga akan mudah rusak apabila terjadi peningkatan volume yang mereka dengar secara signifikan.

Suara keras bisa menimbulkan gangguan pendengaran, bahkan bisa permanen apabila bagian gendang rusak secara permanen. Oleh sebab itu jika kemungkinan akan berkunjung ke tempat ekstrim atau dengan tekanan udara tinggi maka sebaiknya lengkapi dengan penutup telinga.

Penyebab ketulian telinga, gangguan kesehatan ini bisa terjadi akibat berkurangnya pasokan darah yang masuk pada telinga secara signifikan, sehingga mengakibatkan masalah pendengaran sensorineural. Hal tersebut berkaitan dengan rusaknya saraf yang menghubungkan dengan otak atau faktor usia.

Umumnya telinga akan mengalami penurunan pendengaran saat usia manusia menginjak 65 tahun keatas dengan persentase 30 – 50%. Sedangkan kelompok umur 75 tahun sebanyak 40 – 50%. Faktor ini tentu tidak dapat dielakkan sehingga sebaiknya menggunakan alat bantu dengar.

Baca Juga : Cara Memilih Alat Bantu Dengar Tinnitus yang Tepat

Demikian penjelasan penyebab terjadinya ketulian pada orang dewasa yang bisa diatasi dengan alat pedengaran telinga Kasoem Hearing. Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi agar dapat melakukan tindakan pencegahan baik untuk gejala ringan maupun berat. Jika memang sudah terjadi, maka belilah alat tersebut sekarang juga.

Anda mengalami gangguan pendengaran telinga seperti ketulian? silahkan hubungi kami, untuk melakukan konsultasi gangguan pendengaran telinga di Kasoem Hearing Center.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap