Apa Perbedaan Antara Ahli Audiologi Dan Spesialis Alat Bantu Dengar?
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Apa Perbedaan Antara Ahli Audiologi Dan Spesialis Alat Bantu Dengar?


Mungkin dari kita masih ada yang bingung apa perbedaan ahli audiologi dan specialis alat bantu dengar, ketika Anda mengenal seseorang dengan gangguan pendengaran atau mengalaminya sendiri, terkadang sedikit membingungkan ketika Anda mulai menemui berbagai jenis profesional perawatan kesehatan.

Petugas kesehatan profesional paling umum yang akan Anda perhatikan tentang gangguan pendengaran Anda adalah spesialis alat bantu dengar yang berkualifikasi atau audiolog. Anda bahkan dapat melihat keduanya. Anda biasanya akan memulai perawatan dengan audiolog dan kemudian berlanjut ke spesialis alat bantu dengar untuk memasang alat bantu dengar dan penutup telinga dan kemudian dipelihara seluruhnya.

Perbedaan Ahli Audiologi Dan Spesialis Alat Bantu Dengar

pemerikasaan telinga

Salah satu dari banyak pertanyaan yang sering ditanyakan orang tentang perawatan gangguan pendengaran mereka adalah ahli pendengaran mana yang harus mereka temui. Sama seperti di sebagian besar bidang medis, ada beberapa jenis praktisi yang memiliki keahlian dalam perawatan gangguan pendengaran.

Anda perlu memikirkan layanan mana yang akan memenuhi kebutuhan Anda. Sangat mungkin bahwa Anda akan melihat keduanya pada interval yang berbeda selama perawatan untuk gangguan pendengaran Anda. Tidak semua orang akan mengetahui bahwa ada perbedaan antara audiolog dan spesialis alat bantu dengar dan menganggap bahwa mereka dapat melakukan tugas yang sama. Ini bukan masalahnya, tetapi mudah untuk melihat alasannya.

Audiologis dan spesialis alat bantu dengar menjalankan peran yang sangat mirip. Namun, persyaratan pelatihannya sedikit berbeda. Seringkali seorang audiolog akan menyelesaikan program pelatihan yang lebih ekstensif untuk dapat merawat dan mendiagnosis pasien dengan berbagai masalah medis yang lebih luas seperti keseimbangan dan infeksi telinga.

Anda akan menemukan bahwa seorang audiolog akan memiliki minimal gelar Master dalam audiologi dengan banyak bahkan memiliki gelar Doktor di bidangnya masing-masing. Ini berarti Anda dapat mengharapkan mereka untuk dilatih antara enam dan delapan tahun untuk menjadi berkualifikasi penuh. Sebaliknya, seorang spesialis alat bantu dengar akan mempersiapkan keterampilan vokasi dan terapan daripada penelitian, mereka hanya memerlukan ijazah sekolah menengah atas atau mereka untuk mendapatkan izin praktik.

Ketika Anda melihat ruang lingkup praktik, inilah perbedaan utama yang akan Anda lihat antara spesialis alat bantu dengar dan audiolog. Saat Anda menjalani perawatan apa pun, Anda secara alami akan menjadi lebih akrab dengan tugas-tugas yang berbeda, yang berarti Anda akan tahu siapa yang perlu Anda lihat untuk apa.

Audiolog memiliki kewenangan untuk bekerja dengan beragam orang, mulai dari bayi, anak-anak hingga orang dewasa, lansia, dan orang dengan kebutuhan khusus. Mereka secara khusus dilatih untuk melakukan evaluasi diagnostik lengkap dari sistem pendengaran lengkap pasien, termasuk telinga luar dan otak.

Jika Anda tidak mengetahui penyebab gangguan pendengaran Anda, kemungkinan besar Anda akan dirujuk ke audiolog sehingga mereka dapat membantu untuk mencari tahu kemungkinan penyebabnya. Audiolog terutama mementingkan patologi di balik gangguan pendengaran, jadi keterampilan mereka memungkinkan mereka menjadi spesialis yang memiliki fokus utama untuk menemukan akar penyebab gangguan pendengaran.

Bagian dari menjadi audiolog termasuk mampu mengedukasi orang yang berbeda, termasuk anggota keluarga tentang efek gangguan pendengaran, bagaimana mengelola gangguan pendengaran dan memberikan rincian mendalam tentang perawatan, kebutuhan perawatan, dan pemeriksaan di masa depan. Anda akan menemukan bahwa sebagian besar audiolog akan berlatih di tempat praktik mereka atau di rumah sakit, dan mereka akan bekerja dalam rentang waktu tertentu untuk menyesuaikan dengan klien mereka.

Seorang spesialis alat bantu dengar, sebagai perbandingan, memiliki peran melakukan evaluasi pendengaran untuk pemasangan alat bantu dengar. Ketika datang ke alat bantu dengar Anda dipasang, dipelihara dan diubah, ini adalah profesional perawatan kesehatan yang akan Anda temui. Mereka juga akan bekerja dengan Anda dalam perawatan dan pemecahan masalah alat bantu dengar . Sementara audiolog bekerja dengan berbagai macam pasien, Anda akan menemukan bahwa spesialis alat bantu dengar hanya bekerja dengan populasi orang dewasa.

Artinya, jika Anda memiliki bayi atau anak yang membutuhkan alat bantu dengar, mereka perlu menemui audiolog. Spesialis alat bantu dengar tidak terlibat dengan diagnosa seputar gangguan pendengaran; mereka sepenuhnya bertanggung jawab atas pemrograman alat bantu dengar.

Baca Juga : 6 Masalah Pada Alat Bantu Dengar yang Sering Terjadi

Memiliki kualifikasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan audiolog tidak berarti bahwa Anda menerima lebih sedikit layanan, Anda akan menemukan bahwa banyak spesialis alat bantu dengar memiliki pelatihan dan pengalaman ekstensif yang berarti mereka sangat efisien dalam apa yang mereka lakukan. Ini hanya berarti bahwa jika Anda memiliki kebutuhan lebih lanjut untuk penyelidikan atau Anda belum menerima diagnosis, Anda akan dirujuk kembali ke audiolog. Jika Anda masih bingung tentang perbedaan Antara Ahli Audiologi Dan Spesialis Alat Bantu Dengar, silahkan hubungi kami.

Anda berada di Jakarta dan butuh alat bantu dengar Jakarta ? atau ada di kota besar lainnya, silahkan hubungi kami untuk menentukan ABD mana yang cocok untuk Anda gunakan.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap