Apa itu Alat Bantu Dengar Receiver in the Canal (RIC)?
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Apa itu Alat Bantu Dengar Receiver in the Canal (RIC)?


Alat Bantu Dengar Receiver in the Canal (RIC)? Juga disebut sebagai Receiver-in-the-Ear (RITE) atau Canal Receiver Technology (CRT), beberapa model ini banyak tersedia dibeberapa tempat jual perlengkapan dengar, yang bisa didapatkan melalui audiolog atau ahli pendengaran pilihan Anda.

Semua merek alat bantu dengar terkemuka memproduksi alat bantu dengar RIC, menawarkan setidaknya satu pilihan dan seringkali beberapa model berbeda dari jenis alat bantu dengar yang populer ini. Alat bantu dengar RIC sangat mirip dengan alat bantu dengar BTE, selain itu memang terdapat beberapa perbedaan.

Seperti perangkat Model Behind-the-Ear (BTE), RIC memiliki casing keras yang diisi dengan alat bantu dengar elektronik yang dikenakan di belakang telinga, dan dilengkapi lubang suara yang ditempatkan di telinga yang terhubung ke alat bantu dengar melalui tubing, ear hook, atau kabel tipis.

Perangkat BTE, bagaimanapun, memiliki speaker yang ditempatkan di dalam hard case bersama dengan barang elektronik lainnya. Sementara itu, perangkat RIC adalah alat bantu dengar open-fit yang menggunakan tabung ‘mikro’ tipis yang memanjang dari badan alat bantu dengar melalui telinga luar ke saluran telinga. Speaker dipasang di ujung mikrotube tipis ini. Ujung kecil berada di dalam saluran (tanpa menghalangi) sehingga suara dan udara masih dapat masuk ke saluran telinga secara alami.

Karena suara yang dihasilkan hanya harus menempuh jarak yang sangat pendek dengan kehilangan transmisi yang lebih rendah, lebih sedikit energi suara dan daya baterai yang diperlukan untuk kualitas suara yang sangat baik.

Baca Juga : Pusat Alat Bantu Dengar Di Semarang Indonesia

Mengapa Orang Memilih Alat Bantu Dengar RIC?

Seperti hal biasanya, tingkat pada gangguan pendengaran Anda dan tingkat kemampuan mendengar yang Anda butuhkan akan menentukan jenis alat bantu dengar yang terbaik untuk Anda.

Alat ini sangat populer di kalangan pengguna alat pengeras suara karena ukurannya yang tersembunyi, posisi, dan keserbagunaannya. Pertama, RIC lebih kecil dari perangkat BTE biasa. Casingnya lebih tipis dan lebih kecil dari pengait telinga klasik, sehingga terpasang rapi di belakang telinga Anda. Anda juga dapat menyesuaikan warna casing agar sesuai dengan warna rambut ataupun dengan warna kulit Anda.

Kabel dari badan alat bantu dengar ke liang telinga berukuran kecil dan juga berada di sepanjang lipatan wajah Anda di telinga, sehingga orang lain juga tidak dapat melihatnya.

Manfaat lain dari alat bantu untuk mendengar RIC termasuk baterai yang lebih besar untuk masa pakai baterai yang lebih lama , tidak ada perasaan ‘terpasang’, dan kemampuan untuk meminimalkan suara dari suara Anda sendiri dengan membiarkan suara keluar dari saluran telinga. Alat bantu dengar ini juga dikatakan memiliki kemampuan lebih besar untuk mengurangi umpan balik pada level yang lebih tinggi daripada model lain.

Kekurangan Dan Kelebihan RIC

Namun demikian, sifat tembus pandangnya bahkan tak terlihat memiliki beberapa kekurangan. Ukuran yang lebih kecil berarti lebih sedikit daya dan masa pakai baterai yang lebih pendek dibandingkan dengan alat bantu dengar BTE tradisional.

Penerima RIC juga dikenal lebih sering gagal daripada BTE. Untungnya masalah yang biasa terjadi dapat dihindari dan relatif mudah untuk diperbaiki.

Dengan perangkat dengar RIC Anda harus siap pada konsekuensi bahwa alat bantu dengar Anda mungkin memerlukan pemeliharaan dari waktu ke waktu. Karena penerima RIC dipasang ke bagian utama alat bantu dengar dengan kabel elektronik, ada kemungkinan besar lilin atau uap air akan membahayakan penerima.

Untungnya, perawatan ini seharusnya tidak terlalu bermasalah. Mengganti receiver cukup sederhana! Biasanya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menarik keluar receiver lama (atau geser atau lepas pin untuk melepasnya) dan dorong yang baru dengan mudah. Ada banyak video Youtube berguna yang menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukan ini dan Anda juga harus menerima beberapa instruksi dari pabrikan perangkat Anda.

Apakah Alat Bantu Dengar RIC Lebih Mahal?

Meskipun hargalah yang akhirnya bergantung pada merek dan model alat bantu dengar yang Anda pilih, sebaiknya Anda tidak menemukan perbedaan harga yang signifikan antara alat bantu dengar RIC dan jenis alat bantu dengar lain dengan tingkat kualitas yang sama.

Jika Anda memerlukan informasi tentang  perangkat dengar silahkan hubungi kami, untuk melakukan konsultasi, atau datang langsung ke outlet alat bantu dengar di Surabaya Kasoem Hearing Center yang juga tersebar diberbagai kota besar di Indonesia.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap