Sakit Telinga Inilah Semua Yang Harus Anda Ketahui
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Sakit Telinga Inilah Semua Yang Harus Anda Ketahui


Sering dianggap sebagai gangguan kecil, sakit telinga dapat merusak hari Anda, yang jika tidak, akan menjadi hari yang menyenangkan. Ada banyak alasan mengapa Anda tidak boleh menganggapnya sebagai gangguan dan datang dengan bantuan medis yang tepat dari spesialis THT Anda.

Meskipun sakit telinga dapat terjadi pada semua kelompok umur, sebagian besar adalah anak-anak yang menderita. Dan bagian terburuknya adalah mereka tidak dapat mengomunikasikan apa sebenarnya masalahnya dan kecuali Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang sakit telinga, Anda tidak dapat menguraikan apa yang memengaruhi anak Anda.

Apa itu Sakit Telinga?

Sakit telinga dapat didefinisikan sebagai sensasi tumpul, tajam dan terbakar di dalam telinga. Sakit telinga dapat terjadi karena berbagai alasan dan berdasarkan akar penyebabnya, orang tersebut dapat mengalami nyeri ringan hingga berat.

Tidak ada pola khusus untuk sakit telinga. Rasa sakit dapat terjadi di satu telinga atau kedua telinga tetapi dalam kebanyakan kasus itu akan terjadi di satu telinga. Juga, kadang-kadang mungkin tetap konstan dan pada beberapa anak itu akan datang dan pergi.

Bagaimana Mengetahui Sakit Telinga pada Bayi?

Anak kecil menjadi lebih mudah marah dan menangis tanpa alasan yang jelas. Mereka mungkin juga menarik telinganya jika Anda mengamati dengan seksama. Dalam beberapa kasus, Anda bisa melihat cairan atau nanah keluar dari telinga. Jika Anda mengamati salah satu dari gejala ini pada anak Anda, segera konsultasikan dengan spesialis telinga.

Gejala Sakit Telinga

Anak-anak menjadi kurang responsif dan penenangan menjadi hampir mustahil.Mereka mungkin terus-menerus menggosok telinga mereka atau menarik atau menariknya.Jika rasa sakit itu ada untuk waktu yang lama, beberapa anak mengalami demam.Mereka tidak akan ditidurkan dan menangis lebih dari biasanya.
Apa Penyebab Sakit Telinga?

Ada banyak alasan untuk sakit telinga. Umumnya cedera, iritasi atau infeksi di dekat atau di dalam telinga dapat menyebabkan sakit telinga. Alasan paling umum untuk sakit telinga tercantum di bawah ini. Ini umum untuk orang dewasa dan anak-anak.

Alasan kesehatan umum lainnya untuk sakit telinga termasuk infeksi sinus dan tenggorokan, gendang telinga berlubang, eksim di saluran telinga, dan neuralgia trigeminal yang umumnya dikenal sebagai nyeri saraf wajah kronis.

Alasan umum yang menyebabkan sakit telinga adalah penggunaan kapas di dalam telinga, perubahan tekanan udara bagian dalam telinga, dan air atau sampo yang terperangkap di dalam saluran telinga.

Baca Juga : Tips untuk membiasakan alat bantu dengar Anda yang baru

Pengobatan Sakit Telinga

Sangat disarankan untuk segera mencari pertolongan medis dengan mengunjungi rumah sakit THT terdekat baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Namun, jika itu adalah sakit ringan (dan dinyatakan oleh anak Anda), Anda dapat mencoba beberapa pengobatan rumahan yang dapat membebaskan mereka dari rasa sakit.

Gunakan obat tetes telinga yang dijual bebas dari apoteker bersertifikat dan buat anak Anda duduk tegak.Bungkus dengan kain lembut dan dingin di sekitar telinga tetapi pastikan telinga bagian dalam tidak basah.Kunyah permen karet jika Anda sudah dewasa dan beri makan anak untuk menghilangkan rasa sakit.

Jika tidak ada gejala nyeri berkurang, konsultasikan ke dokter THT. Mereka mungkin melakukan pemeriksaan sederhana untuk menentukan masalahnya. Biasanya itu karena penumpukan lilin atau infeksi di saluran. Jika ini bukan alasan, spesialis THT dapat melanjutkan dengan proses diagnostik dan meresepkan obat atau pengobatan lebih lanjut berdasarkan hasil.

Bagaimana Mencegah Sakit Telinga?

Sebagian besar sakit telinga yang dipicu oleh faktor eksternal dapat dicegah. Ikuti tips sederhana ini untuk mencegah jenis sakit telinga ini.

Telinga sensitif dan mereka menuntut perawatan terus-menerus. Biasakan untuk berkonsultasi dengan spesialis THT terdekat dan bersertifikat secara berkala untuk kesehatan telinga.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap