Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Gangguan Pendengaran
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Gangguan Pendengaran


Ketika Anda masih muda, Anda mungkin menganggap gangguan pendengaran sebagai konsekuensi dari bertambahnya usia. Orang dewasa yang lebih tua di sekitar Anda mungkin memakai alat bantu dengar atau kesulitan mendengar.

Ketika Anda muda, menjadi tua tampak begitu jauh, tetapi seiring berjalannya waktu Anda mulai menyadari bahwa gangguan pendengaran lebih dari sekadar penuaan.

Anda perlu menyadari satu hal ini, mengakui bahwa Anda memiliki gangguan pendengaran tidak berarti Anda sudah tua.

Gangguan Pendengaran adalah “Masalah Segala Usia”
Pada usia 12 tahun, audiolog sudah dapat mengidentifikasi beberapa gangguan pendengaran pada 13% kasus. Jelas, Anda tidak “tua” ketika Anda berusia 12 tahun. Dalam 30 tahun terakhir, gangguan pendengaran pada remaja telah meningkat sebesar 33%.

Apa alasannya?

2% dari 45 – 55 tahun dan 8% dari 55 – 64 tahun sudah menderita gangguan pendengaran yang melemahkan.

Penuaan bukanlah masalah. Apa yang Anda anggap sebagai gangguan pendengaran terkait usia adalah 100% dapat dicegah. Dan Anda memiliki kemampuan untuk secara signifikan mengurangi perkembangannya.

Paparan suara keras kebisingan adalah penyebab paling umum dari gangguan pendengaran terkait usia atau “sensorineural”.

Selama beberapa generasi, gangguan pendengaran diyakini tidak dapat dihindari seiring bertambahnya usia. Tetapi melindungi dan bahkan memulihkan pendengaran Anda berada dalam lingkup ilmu pengetahuan modern.

Baca Juga : Bisakah Gangguan Pendengaran Akibat Kebisingan Disembuhkan?

Bagaimana Kebisingan Menyebabkan Gangguan Pendengaran

Mengenali bagaimana kebisingan menyebabkan gangguan pendengaran adalah langkah pertama dalam menjaga pendengaran.

Gelombang adalah apa yang terdiri dari suara. Saluran telinga Anda menerima gelombang ini. Mereka bergerak melewati gendang telinga Anda ke telinga bagian dalam Anda.

Di dalam telinga bagian dalam Anda ada sel-sel rambut kecil yang bergetar ketika suara mengenai mereka. Sel-sel rambut apa yang berosilasi, dan seberapa cepat atau sering mereka bergetar, menjadi kode neurologis. Otak Anda dapat menerjemahkan kode ini ke dalam kata-kata, air deras, klakson mobil, tangisan, atau apa pun yang mungkin Anda dengar.

Tetapi ketika telinga bagian dalam menerima suara yang terlalu keras, sel-sel rambut ini bergerak terlalu cepat. Suara itu mengguncang mereka sampai mati.

Saat rambut ini hilang, Anda tidak akan bisa mendengar.

Lihat : Proses mendengar bunyi

Gangguan Pendengaran Akibat Kebisingan Itu Permanen, Inilah Alasannya

Jika Anda memotong diri Anda sendiri, luka itu akan sembuh. Tetapi ketika Anda merusak sel-sel rambut kecil ini, mereka tidak sembuh, dan mereka tidak pernah beregenerasi. Semakin sering Anda terkena suara keras, semakin banyak sel-sel rambut kecil yang mati.

Kehilangan pendengaran menjadi lebih buruk seperti yang mereka lakukan.

Beberapa Suara di Sekitar yang Merusak Pendengaran

Banyak orang kaget saat mengetahui bahwa aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Hal-hal ini mungkin tampak sama sekali tidak berbahaya:

Anda dapat terus melakukan hal-hal ini. Untungnya, Anda dapat mengurangi gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan dengan menggunakan alat bantu dengar.

Jika Anda berada di Jakarta ingin mengujungi outlet jual alat untuk mendengar , Anda bisa mengunjungi Kasoem Hearing Center, yang terdapat di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap