Tips Memilih Alat Bantu Dengar yang Benar
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Tips Memilih Alat Bantu Dengar yang Benar


Alat Bantu Dengar – Bagi penderita gangguan pendengaran, sudah pasti membutuhkan alat khusus agar bisa mendengarkan secara jelas. Dengan begitu, dapat beriteraksi dengan lawan bicara tanpa hambatan. Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui beberapa tips memilih alat bantu dengar.

Beberapa Tips Memilih Alat Bantu Dengar

Sebelum membeli alat bantu dengar, melakukan pemilihan produk memang seharusnya Anda perhatikan benar-benar. Mengingat hal ini berhubungan erat dengan kegunaan / fungsi alatnya agar bisa mendengar secara baik dan jelas. Perhatikan alat pendengarannya dan kualitasnya juga.

  1. Konsultasi Terlebih Dahulu Ke Audiologis

Salah satu tips sebelum membeli alat bantu dengar pertama, yaitu melakukan konsultasi kepada audiologis terlebih dahulu. Tentu saja hal ini harus Anda lakukan dulu, mengingat setiap orang itu memiliki gangguan pendengaran yang berbeda – beda. Entah itu bisa diatasi dengan alat atau tidak.

Ada baiknya mintalah rekomendasi produk dari alat bantu dengar juga kepada pihak yang memang sudah ahli. Tidak lupa juga melakukan pemeriksaan pada telinga, seberapa parah atau sejauh apa kemampuan mendengar Anda. Kemudian, barulah datangi toko penjual alat bantu pendengaran.

  1. Memilih Jenis Alat Bantu Dengar Yang Sesuai

Perlu Anda ketahui, bahwa alat bantu dengar itu memiliki jenisnya sendiri. Jadi, sebelum membeli ada baiknya memilih jenis tersebut terlebih dahulu. Antara lain in the canal (terbuat secara khusus untuk masuk ke dalam saluran telinga, membantu gangguan pendengaran ringan orang dewasa).

Kemudian, ada lagi jenis alat bantu dengar in the ear (khusus gangguan pendengaran ringan sampai dengan berat. Terletak di area lubang telinga), ada behind the ear (diletakkan di belakang telinga bagian luarnya dan terhubung ke lubang suara), dan juga receiver in the ear (di belakang telinga tapi lebih kecil dan terhubung kabel tipis).

  1. Memilih Alat Bantu Dengar Dengan Garansi

Kemudian, pilihlah alat bantu dengar yang memiliki garansi. Itu karena jika ada garansinya, maka setiap pembelian alatnya bila terjadi suatu masalah. Pihak tokonya atau pengembangnya akan memberikan solusi atau mau memperbaiki alat Anda. Jadi, pastikan bahwa produknya ada garansi.

Untuk dapat memastikan bahwa alat bantu dengarnya memiliki garansi, Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada pihak toko atau pengembangnya. Apakah alatnya ada garansi? Jika ada, kira – kira berapa lama garansinya berlaku? Percuma saja bila bergaransi, namun masa berlakunya tidak lama.

  1. Membeli Alat Yang Dapat Disesuaikan

Sebelum membeli alat bantu dengar, ada baiknya Anda juga memikirkan kebutuhan di masa depan. Maksudnya, coba tanyakan apakah alat tersebut dapat pengembang tingkatkan fungsinya. Hal ini bertujuan, jika gangguan pendengaran bisa saja bertambah buruk di kemudian hari. Namun, ini hanya antisipasi saja.

Tentu saja tidak semua orang ingin pendengarannya semakin bertambah buruk / serius di kemudian hari. Namun hal tersebut sebagai bentuk antisipasi saja, jadi ada baiknya Anda memilih alat bantu dengar yang alatnya bisa pengguna tingkatkan fungsinya. Jadi, manfaatnya menjadi jauh lebih baik.

  1. Membedakan Alat Bantu Dengar Analog dan Digital

Sebagai pengguna alat bantu dengar, sudah semestinya Anda mengetahui cara kerja dari alat tersebut. Dengan begitu, tidak akan sia-sia dalam membelinya karena sudah mengetahui apa saja fungsi dan manfaatnya untuk mengatasi masalah pendengaran.

Baca Juga : Harga Alat Bantu Dengar Dalam Telinga CIC ( Completely in Canal )

Untuk alat bantu dengar analog, biasanya cara kerjanya adalah dengan mengubah suara menjadi suatu sinyal elektrik cukup kuat. Kemudian untuk versi digitalnya, menjadikan suara menjadi kode numerik. Seperti halnya pada komputer.

Seperti itulah beberapa tips memilih alat bantu dengar yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli alat pendengaran tersebut. Pastikan juga membeli di toko terbaik dan terpercaya, dengan begitu produknya juga pasti berkualitas tinggi.

Anda bisa mendapatkannya di pusat alat bantu dengar Jakarta Kasoem Hearing Center, yang tersebar diberbagai kota besar Indonesia atau hubungi layanan konsultasi pendengaran kami untuk mendapatkan informasi atau sekedar berkonsultasi.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap