Tips untuk membiasakan alat bantu dengar Anda yang baru
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Tips untuk membiasakan alat bantu dengar Anda yang baru


Tips untuk membiasakan alat bantu dengar Anda yang baru, Alat bantu dengar bisa sangat membantu. Namun membiasakan diri dengan alat bantu dengar baru bisa menjadi tugas yang sulit bagi banyak pengguna pertama kali. Penting untuk memperhatika petunjuk pemakaian, cara menangani rangsangan, dan suara serta suara baru yang terkadang membingungkan. Periode penyesuaian otak, alat bantu, dan organ sensorik lainnya ini dapat menjadi pengalaman yang menarik jika Anda mengetahui praktik yang lebih baik.

Apa peran spesialis THT?

Dokter THT Anda memainkan peran penting dalam menemukan apakah bantuan tersebut berfungsi dengan baik atau ada perubahan yang diperlukan. Mulai dari mengajari Anda bagaimana cara menggunakan, memakainya, memeriksa apakah mereka duduk, mengeluarkannya, bagaimana membersihkannya, dan memeliharanya untuk waktu yang lama, dokter Anda menjelaskan berapa lama Anda harus menggunakannya dalam sehari, apa yang seharusnya dilakukan jika Anda merasa tidak nyaman, dan kapan harus mencari bantuan medis lagi.

Hilangkan keraguan Anda sebelum Anda mulai menggunakan alat bantu tersebut untuk diri Anda sendiri atau untuk anak-anak Anda. Selain rekomendasi yang dipandu oleh dokter Anda, berikut adalah beberapa tip umum yang dapat Anda andalkan untuk penggunaan alat bantu dengar yang lebih baik.

Tips Penggunaan Alat Untuk Mendengar Baru

Sebelum masuk ke tips penggunaan alat bantu pendengar , lihatlah perubahan yang mungkin Anda amati di hari-hari awal.

Setelah Anda terbiasa dengan suara yang terdengar ini, berikut adalah beberapa tip untuk menggunakan alat bantu dengar untuk semua kelompok umur

1. Mulailah dari lingkungan dengan kebisingan rendah

Penting untuk mulai mengenakan alat bantu di lingkungan dengan kebisingan rendah seperti di rumah. Saat anak Anda menggunakan alat bantu, kurangi volume TV atau jangan gunakan peralatan yang berisik seperti penggiling mixer (setidaknya untuk hari-hari awal).Selain itu, cobalah untuk berbincang-bincang dengan anak Anda menggunakan gerakan tangan yang sesuai.Tingkatkan

2. penggunaan secara bertahap

Tidak disarankan untuk menggunakan alat bantu dengar sepanjang waktu pada hari-hari awal. Kenakan selama beberapa jam terlebih dahulu dan tambah waktunya pada hari atau minggu berikutnya. Dan, secara bertahap tingkatkan waktu penggunaan. Selain itu, berikan jeda untuk membantu otak Anda menyesuaikan diri dengan suara baru dengan lebih baik.

3. Mencari sumber suara

Anggap saja sebagai pekerjaan rumah. Saat Anda mendengar suara untuk pertama kalinya, tanyakan kepada anak Anda apa sumber suara tersebut. Selain melakukan percakapan empat mata, mendengarkan lingkungan sekitar, dan buku audio atau podcast anak-anak dapat membantu.

4. Atasi rasa frustrasi

Alat bantu dengar untuk anak dapat menjadi tantangan bagi orang tua terutama jika Anda tinggal di lingkungan yang bising. Anak Anda mungkin merasa frustrasi bahkan karena suara dengungan yang keluar dari lemari es atau AC. Ini karena otak masih peka terhadap suara dan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan suara.

Baca Juga : Dapatkah Alat Bantu Dengar Memulihkan Pendengaran Sepenuhnya?

Apa yang harusnya dilakukan orang tua?

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Anda mengatasi gangguan pendengaran dengan menggunakan alat bantu dengar. Bersabarlah saat Anda berkomunikasi dengan anak Anda. Bantu anak Anda berlatih dengan cara yang benar, pantau kemajuan mereka, perbaiki kata-kata jika mereka salah mengucapkannya tetapi hanya lakukan pada tahap perawatan selanjutnya.

Anak-anak yang memakai alat bantu untuk pertama kalinya secara teknis mempelajari kembali segala sesuatu tentang suara dan komunikasi. Antisipasi tantangan seperti frustasi dan amarah di sana-sini selama beberapa hari pertama. Jika mereka mengeluh sakit atau tidak nyaman, hubungi rumah sakit THT terdekat untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Meskipun alat pengeras suara untuk membantu proses dengar tidak memperbaiki gangguan pendengaran sepenuhnya, alat tersebut dapat sangat membantu mengembalikan tingkat pendengaran yang mungkin hilang. Jika Anda ingin mengecek pendengaran Anda silahkan kunjungi pusat alat bantu dengar Kasoem Hearing Center, yang terdapat diberbagai kota besar Indonesia.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap