Kasoem Hearing mengadakan meet and greet sekaligus buka puasa bersama dengan Ali Haydar Altway di Cochlear Training & Experience Center, Lebak Bulus, Sabtu, 9 April 2022. Haydar, sapaan akrabnya adalah Penyintas Tunarungu Pertama Penghafal Alquran yang mendapat Piagam Penghargaam dari Museum Rekor Dunia Indonesia pada 2 Juli 2020.

Dalam kesempatan itu, Haydar menceritakan awal mula tertarik menjadi hafiz Alquran dan bagaimana ia berusaha untuk mencapai cita-citanya tersebut. Salah satunya, kiat-kiat menghafal surat-surat Alquran secara efektif sebagai orang yang dengan gangguan pendengaran.

“Semua hal penting dilakukan, tapi yang terpenting adalah niat untuk memulainya dan tak pernah menyerah dengan tiap-tiap prosesnya,” kata Haydar.

Tak hanya Haydar, dalam kesempatan itu, orangtuanya, Ahmad Rifqy Altway dan Nadiya Malik Talib turut berbagi pengalaman. Keduanya membagi kisah perjuangan mendidik dan membesarkan Haydar. Karena, kedua orangtuanya sepakat membesarkan Haydar agar sama dengan anak dengan pendengaran normal.

Menurut ibunya untuk melakukan hal tersebut, bukan hanya Haydar yang belajar. Melainkan, kedua orangtuanya juga. Jadi, ketika Haydar belajar menghafal, keduanya mendampingi dengan ikut belajar juga. 

“Jangan salah Bu, Pak, saat Haydar belajar mengaji, saya juga ikut belajar mengaji,” ucap Nadiya.

Kepada orang tua anak-anak dengan gangguan dengar, keduanya berpesan untuk tidak patah semangat. Menurut keduanya, teknologi untuk membantu pendengaran penting, tapi yang lebih penting adalah peran dan dukungan orang tua untuk mendidik anak-anaknya.

“Saya menyiapkan Haydar agar suatu saat dia siap terjun ke masyarakat. Karena, tidak semua orang bisa dan memaklumi keadaannya, maka saya membuat Haydar agar dia bisa beradaptasi dengan masyarakat,” tutur Ahmad.

Sharing season kedua orang tua Haydar kepada orang tua anak dengan gangguan dengar disambut antusias. Bahkan, salah satu orang tua anak dengan gangguan dengar yang semula patah semangat, merasa terinspirasi dan ingin terus berjuang untuk membesarkan anaknya.