Gangguan pendengaran pada semua usia, tak terkecuali anak-anak akan memengaruhi hidupnya. Organisasi Kesehatan Manusia (WHO) menuturkan bayi dan anak-anak belajar berbicara berdasarkan apa yang didengar di sekitar agar keterampilan menyimak dan berbahasa lisannya berkembang, maka harus bisa mendengar suara orang yang bicara.

Bagaimana jika anak menderita gangguan dengar total (tuli) dan orang tua tak memiliki kesadaran untuk memeriksakannya?

Ketika bayi lahir tuli dan tidak menerima intervensi yang sesuai, kemampuan bicara dan bahasanya tidak akan bisa berkembang (termasuk keterampilan bahasa isyarat).

Artinya anak tersebut akan tertinggal dari anak-anak lain dengan pendengaran yang baik. Tanpa diagnosis dini dan rehabilitasi yang tepat, anak tersebut bakal kesulitan pergi ke sekolah, belajar, berteman, dan mendapatkan pekerjaan di kemudian hari.

Bagaimana dengan anak yang kedua telinganya infeksi dan mengalami gangguan pendengaran sedang?

Anak yang mengalami gangguan dengar sedang (sering kehilangan suku kata dan kata-kata ketika mendengar orang lain bicara) juga akan mengalami masalah dalam hidupnya. Lantaran, anak-anak membutuhkan komunikasi yang baik untuk belajar dengan baik di sekolah dan memahami sepenuhnya apa yang sedang terjadi di sekitar.

Akibat gangguan pendengaran, anak tersebut tidak akan mengerti sepenuhnya ketika gurunya menerangkan pelajaran di kelas. Apalagi, saat suara guru menjauh darinya atau ketika dia duduk bangku belakang. Ketika guru mengajukan pertanyaan, anak tersebut juga sulit memahami pertanyaannya. Sehingga, guru menganggap dia tak tertarik pada pelajaran itu.

Tak hanya di sekolah, anak tersebut bakal kesulitan berkomunikasi dengan orang tuanya di rumah. Lantaran, tidak ada respons ketika orang tuanya memanggil dan sebaliknya. Selain itu, anak akan menaikan volume televisi karena tidak bisa mendengar dengan jelas. Jika infeksi tidak diobati, kemungkinan anak tersebut akan ketinggalan secara akademis.

Untuk mencegah gangguan pendengaran terjadi, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter terkait. Tapi, kalau Anda terlanjut mengalami gangguan pendengaran dan membutuhkan alat bantu, datang saja ke pusatnya seperti ke Kasoem Hearing Center.

Anda dapat mengonsultasikan keluhan terkait gangguan pendengaran secara gratis. Tim Kasoem Hearing Center akan memberikan pelayanan maksimal dan mencari solusi agar Anda dapat mendapatkan pendengaran dengan baik.

Kasoem Hearing Center #mendengarduatelingalebihbaik