Alat bantu dengar (ABD) atau hearing aid devices adalah perangkat elektronik yang dikenakan di telinga penderita gangguan dengar. ABD berfungsi membantu memperkuat suara yang memungkinkan seseorang yang menderita gangguan pendengaran dapat mendengar lebih baik.

Bagaimana alat bantu dengar (ABD) ketika digunakan untuk beraktivitas sehari-hari? Berikut beberapa poin ABD seperti dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

  1. Ketika cairan menghalangi earmould, alat bantu dengar (ABD) dapat berhenti bekerja
  2. Alat bantu dengar (ABD) bisa mengeluarkan suara siulan atau bunyi seperti pluit ketika tidak dimasukan dengan benar ke dalam telinga
  3. Alat bantu dengar (ABD) tidak boleh basah, karena jika begitu akan rusak dan berhenti bekerja
  4. Setiap beberapa bulan, tabung yang menghubungkan earmould (cetakan telinga) ke alat bantu dengar (ABD) perlu diganti
  5. Earmould perlu diganti setiap tahun. Hal ini perlu dilakukan lebih sering terhadap bayi dan anak-anak untuk memastikan cetakannya pas dengan telinga anak, seiring pertumbuhan telinga mereka. Karena, jika earmould terlalu kecil untuk anak-anak, menyebabkan (ABD) mengeluarkan suara siulan atau bunyi seperti pluit.

Sudah paham menggunakan ABD untuk beraktivitas sehari-hari? Kalau belum, datang saja ke  pusat pendengaran seperti Kasoem Hearing Center. Di sana, tim Kasoem Hearing Center akan menjawab keluhan terkait gangguan pendengaran mau pun bagaimana menggunakan ABD secara gratis.

Tim juga akan memberikan pelayanan maksimal dan mencari solusi agar pasien dapat mendapatkan pendengaran dengan baik. Anda juga dapat menghubungi melalui customer service Kasoem Hearing Center di nomor 081-817-9910.

Kasoem Hearing Center #mendengarduatelingalebihbaik