Alat bantu dengar (ABD) merupakan perangkat elektronik yang dikenakan di telinga penderita gangguan dengar. ABD berfungsi membantu memperkuat suara yang memungkinkan seseorang yang menderita gangguan pendengaran ringan, sedang hingga berat dapat mendengar lebih baik.

Sebagai perangkat yang mendukung seseorang penderita gangguan dengar, perawatannya tidak boleh sembarangan. Mungkin, pengguna lama tahu hal tersebut.

Tapi, sebagai pengingat dan memberi panduan kepada pemakai baru, ada beberapa poin yang perlu dicatat untuk merawat alat bantu dengar seperti dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

  1. Alat bantu dengar berukuran kecil dan mudah hilang atau rusak. Maka dari itu, simpan alat bantu dengar di tempat yang aman.
  2. Alat bantu dengar harus disimpan  di tempat yang sejuk saat tidak digunakan.
  3. Alat bantu dengar harus tetap kering. Jika lembab, ABD mungkin tidak akan berfungsi dengan baik. Jadi, lepaskan saat mandi.
  4. Setiap malam, buka laci baterai dan tempatkan alat bantu dengar ke dalam bak plastik tertutup, dengan sesuatu yang kering misalnya, tisu atau beras.
  5. Matikan ABD saat tidak digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghemat masa pakai baterai.
  6. Jauhkan alat bantu dengar dari air dan panas misalnya sebuah kompor atau api.