Gangguan pendengaran merupakan kondisi yang menyebabkan salah satu atau kedua telinga kehilangan pendengaran. Banyak faktor yang menjadi penyebab gangguan pendengaran. Salah satunya adalah mengonsumsi obat.

Memang mengonsumsi obat dapat menyebabkan gangguan pendengaran?

Seperti dilansir dari laman website University of Michigan Health, mengonsumsi obat dalam dosis tertentu ternyata memengaruhi seseorang mengalami gangguan pendengaran. Jika sudah begitu, penderita tidak lagi memiliki kemampuan maksimal dalam pendengaran padahal #mendengarduatelingalebihbaik.

Apa sajakah obat yang jadi ‘biang kerok’ gangguan pendengaran?

1. Antibiotik

Antibiotik terutama aminoglikosida dinilai memicu gangguan pendengaran pada orang dewasa. Antibiotik aminoglikosida yang menjadi penyebab gangguan pendengaran seperti gentamisin, streptomisin, dan neomisin. Efek samping terkait pendengaran dari antibiotik ini paling sering terjadi pada orang yang memiliki penyakit ginjal atau yang sudah memiliki masalah telinga atau pendengaran.

2. Aspirin

Selain obat antibiotik aminoglikosida, mengonsumsi aspirin dalam jumlah banyak ternyata membuat gangguan pendengaran orang dewasa. Kemungkinan besar ini terjadi bagi orang dewasa yang mengkonsumsi obat dalam dosis besar. Misalnya meminum aspirin delapan sampai 12 pil sehari.

3. Obat Antiinflamasi Nonsteroid

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen.

4. Diuretik Loop

Obat diuretik loop seperti lasix atau asam ethacrynic pun memicu orang dewasa mengalami gangguan pendengaran. Diuretik loop sendiri biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan gagal jantung seperti furosemide (Lasix) atau bumetanide.

5. Obat Kemoterapi

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kanker juga dapat membuat orang mengalami gangguan pendengaran. Obat kemoterapi yang dimaksud termasuk siklofosfamid, cisplatin, dan bleomisin.

Untuk mencegah gangguan pendengaran terjadi, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter terkait. Tapi, kalau Anda terlanjut mengalami gangguan pendengaran dan membutuhkan alat bantu, datang saja ke pusatnya seperti ke Kasoem Hearing Center.

Anda dapat mengonsultasikan keluhan terkait gangguan pendengaran secara gratis. Tim Kasoem Hearing Center akan memberikan pelayanan maksimal dan mencari solusi agar Anda dapat mendapatkan pendengaran dengan baik. Kasoem Hearing Center #mendengarduatelingalebihbaik