Proses Mendengar Bunyi dan Penjelasan Bagaimana Telinga Bekerja
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Proses Mendengar Bunyi dan Penjelasan Bagaimana Telinga Bekerja


Proses mendengar bunyi yang benar tentu sangat menarik untuk dibahas, Intinya, telinga bekerja untuk mengubah sistem stimulus akustik yang masuk dan bergerak melalui saluran telinga kita, dan selanjutnya jadi suatu bentuk kode saraf yang bisa diuraikan, diproses serta dipahami oleh otak manusia, bagaimana cara kerja telinga untuk mendengar bunyi. Berikut akan dijelaskan bagaimana proses mendengar terjadi.

Untuk Mendengar Bunyi, Bagaimana Telinga Bekerja

Anatomi sistem pendengaran proses mendengar bunyi atau pendengaran kita sangat kompleks tetapi kita dapat membagi menjadi dua bagian tahapan mendengar bunyi, yang satu disebut ‘periferal’ dan yang lainnya ‘central’.

Sistem pendengaran periferal terdiri dari tiga bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam:

Sistem pendengaran central terdiri dari saraf pendengaran dan jalur yang sangat kompleks melalui batang otak dan selanjutnya ke korteks pendengaran otak.

diagram sistem mendengar

Bagaimana kita mendengarnya?

Proses mendengar pada manusia, bagaimana cara kerja telinga merespon sumber bunyi? Proses mendengarkan bunyi, bagaimana kita mendengarnya, cukup menarik  untuk dibahas, fisiologi pendengaran, seperti halnya anatominya, memang sangat kompleks dan paling baik dipahami dengan melihat peran yang dimainkan oleh setiap bagian dari sistem pendengaran kita yang dijelaskan di atas.

Gelombang suara, yang sebenarnya merupakan getaran di udara di sekitar kita, dikumpulkan oleh pinna di setiap sisi kepala kita dan disalurkan ke saluran telinga.

Gelombang suara ini membuat gendang telinga kita bergetar. Gendang telinga sangat sensitif terhadap getaran bunyi suara di saluran telinga sehingga dapat mendeteksi audio yang paling samar sekalipun serta mereplikasi pola getaran suara yang paling kompleks sekalipun.

Baca Juga : Cara Membersihkan Telinga Anda yang Benar

Vibrasi gendang telinga yang disebabkan oleh gelombang suara menggerakkan rantai tulang kecil (ossicles – malleus, incus dan stapes) di telinga tengah yang mentransfer getaran suara ke koklea telinga bagian dalam.

Hal ini terjadi karena tulang terakhir dari tiga tulang dalam rantai ini, “tulang punggung”, berada di jendela yang tertutup membran di dinding tulang yang memisahkan telinga tengah dari koklea telinga bagian dalam. Saat stape bergetar, cairan di koklea bergerak seperti gelombang, menstimulasi ‘sel rambut’ kecil secara mikroskopis.

Hebatnya, ‘sel rambut’ di koklea disetel untuk merespons suara yang berbeda berdasarkan nada atau frekuensi suaranya. Suara bernada tinggi akan merangsang ‘sel rambut’ di bagian bawah koklea dan suara bernada rendah di bagian atas koklea.

Apa yang terjadi selanjutnya bahkan lebih luar biasa karena, ketika setiap ‘sel rambut’ mendeteksi nada atau frekuensi suara yang disetel untuk merespons, itu menghasilkan impuls saraf yang berjalan seketika di sepanjang saraf pendengaran.

Impuls saraf ini mengikuti jalur yang rumit di batang otak sebelum tiba di pusat pendengaran otak, korteks pendengaran. Di sinilah aliran impuls saraf diubah menjadi suara yang bermakna.

Semua ini terjadi dalam sepersekian detik, hampir seketika setelah gelombang suara pertama kali memasuki saluran telinga kita. Sangat benar untuk mengatakan bahwa, pada akhirnya, kita mendengar dengan otak kita. Begitulah proses mendengar bunyi secara singkat.

Solusi Jika Anda Mengalami Masalah Pada Pendengaran

Mengalami masalah pada pendengaran, tentu bukan suatu hal yang sepele, banyak kerugian yang didapat jika mengalami masalah dengar, apalagi jika tuli , ketahui penyebab ketulian pada orang dewasa. Apa yang bisa saja terjadi jika Anda mengalami masalah kendala pada pendengaran, ketahuilah bagaimana prosesnya, pendengaran dengan baik bergantung pada semua bagian cara sistem pendengaran kita yang bekerja secara normal sehingga suara bisa melewati berbagai bagian telinga ke otak untuk diproses tanpa distorsi.

Beberapa bentuk masalah pendengaran Anda,  dapat bergantung pada bagianmanakah dari sistem pendengaran Anda tidak merespons dengan sangat baik. Jika Anda memiliki masalah di telinga luar atau tengah, itu berarti ada transfer suara yang tidak berfungsi dengan baik ke koklea di telinga bagian dalam. Umumnya, ini memengaruhi volume suara sehingga tidak terdengar cukup keras.

Contoh tipikal adalah efek penyumbatan kotoran di saluran telinga atau gendang telinga yang berlubang. Ada beberapa jenis gangguan pendengaran, ini disebut gangguan pendengaran konduktif, karena getaran suara tidak dilakukan secara efisien. Rumah siput masih berfungsi normal tetapi tidak menerima informasi yang cukup melalui sambungannya dengan telinga tengah. Dalam proses mendengar, koklea atau rumah siput berfungsi penting.

Jika masalahnya ada di antara koklea di telinga bagian dalam dan otak, ini disebut gangguan pendengaran sensorineural . Jalur melalui telinga luar dan tengah berfungsi normal tetapi, setelah suara sampai di koklea, itu tidak diproses secara normal baik karena kerusakan ‘sel rambut’ halus di koklea atau saraf pendengaran atau karena cacat pada jalur pendengaran yang menuju ke otak.

Ada banyak penyebab gangguan pendengaran sensorineural, tetapi disebabkan gangguan pendengaran karena kebisingan yang berlebihan atau efek penuaan adalah yang paling umum. Tanda-tanda khas gangguan pendengaran sensorineural adalah kesulitan umum dalam mendengar dengan jelas dan masalah memahami ucapan dalam kondisi sulit mendengarkan seperti di kebisingan latar belakang.

Mungkin juga terjadi gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural dan ini umumnya disebut gangguan pendengaran campuran . Setelah mengetahui proses mendengar bunyi pada manusia atau proses mendengar, sebaiknya Anda lebih cermat untuk menjaga kesehatan telinga, yang menjadi organ pendengaran.

Demikian pembahasan Proses Mendengar Bunyi dan Penjelasan Bagaimana Telinga Bekerja. Jika Anda memerlukan informasi tentang perangkat dengar silahkan hubungi kami, untuk melakukan konsultasi, atau datang langsung ke outlet alat bantu dengar di Medan Kasoem Hearing Center, atau lokasi terdekat di kota Anda.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap