Cari tahu tentang lokasi kami?

Pemeriksaan Keseimbangan

Ada sejumlah tahap pemeriksaan yang akan dijalani bagi orang yang diduga mengalami gangguan dengar. Salah satu yang tersedia di Kasoem Hearing Center adalah pemeriksaan keseimbangan. Karena, selain sebagai organ pendengaran, telinga berfungsi sebagai keseimbangan manusia.
Pemeriksaan keseimbangan merupakan pemeriksaan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam mempertahankan fungsi keseimbangan Pemeriksaan keseimbangan yang tersedia di Kasoem Hearing Center ada tiga, yaitu videonystagmography (VNG), video head impulse test (vHIT), dan vestibular evoked myogenic potential (VEMP).

Videonystagmography (VNG)

Tes videonystagmography (VNG) merupakan pemeriksaan untuk mengetahui fungsi vestibuler (meliputi telinga bagian dalam dan otak yang memproses informasi sensorik untuk pengendalian keseimbangan dan gerakan mata). Dengan kata lain, pemeriksaan VNG berguna untuk menilai fungsi keseimbangan dalam tubuh.
VNG terdiri dari serangkaian tes. Pertama, pasien akan dipasangkan kacamata yang akan merekam pergerakan bola mata saat diberi stimulasi berupa cahaya yang bergerak ke berbagai arah. Kemudian, stimulasi pergerakan posisi tubuh yang berbeda-beda, seperti duduk, berbaring, dan sebagainya.
Sistem vestibular yang terletak di telinga bagian dalam dinilai secara tidak langsung merekam gerakan mata melalui kacamata inframerah yang dikenakan selama evaluasi.
Pemeriksaan VNG dapat membantu menentukan diagnosis pasien dengan keluhanan karena kelainan di organ vestibuler. Misalnya vertigo karena perubahan posisi kepala, tekanan darah rendah atau kecemasan.
Adapun penilaian VNG seperti dilansir dari University  Health System terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
  1. Ocular testing (pengujian mata). Mencakup serangkaian tugas singkat yang mengevaluasi kemampuan individu untuk fokus pada target yang diam dan bergerak.
  2. Positional testing (pengujian posisi). Individu akan diminta untuk menggerakkan kepala dan tubuhnya ke berbagai posisi, seperti melihat ke kanan atau berbaring di sisi kanan tubuhnya, sementara audiolog mencari gerakan mata yang tidak normal.
  3. Caloric testing (tes kalori). Untuk merangsang telinga bagian dalam, serangkaian udara dingin dan hangat diarahkan ke saluran telinga. Gerakan mata terjadi sebagai respons terhadap rangsangan dan direkam untuk memastikan sistem vestibular di telinga kanan dan kiri berfungsi dengan baik.

Video Head Impulse Test (vHIT)

Video head impulse test (vHIT) merupakan tes khusus telinga yang mendeteksi gangguan refleks vestibulo-okular dan mengidentifikasi telinga mana yang terpengaruh dalam kasus kehilangan vestibular perifer.
Pemeriksaan vHIT  menggunakan kacamata dengan kamera yang merekam gerak bola mata saat kepala digerakkan secara tiba-tiba ke berbagai arah (kanan, kiri, atas, bawah). Sama halnya dengan VNG, pemeriksaan vHIT digunakan untuk mengetahui fungsi keseimbangan, terutama kanalis semisirkularis.

Vestibular Evoked Myogenic Potential (VEMP)

Vestibular evoked myogenic potential (VEMP) adalah pemeriksaan neurofisiologis untuk menentukan fungsi otolitik utrikulus dan sakulus yang terletak dalam organ vestibuler pada telinga bagian dalam. Pemeriksaan ini melengkapi informasi yang didapat dari tes kalori dan tes fungsi keseimbangan yang lain.
Ada dua jenis VEMP, yaitu sebagai berikut.
  1. oVEMP mengukur integritas utrikulus dan saraf vestibular superior
  2. cVEMP mengukur integritas sakulus dan saraf vestibular inferior
Saat tes VEMP, pasien akan diberikan bunyi yang kuat melalui sumbat telinga. Kemudian akan diukur reaksi listrik yang terjadi di otot leher (untuk cVEMP) dan otot sekitar bola mata (untuk oVEMP) melalui elektroda yang dipasang di area leher dan sekitar bola mata.
Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
HELP