Page Service

Alat bantu dengar, baik yang ditanam mau pun implan memerlukan perawatan berkala. Karena, alat bantu dengar seperti perangkat elektonik pada umumnya, bisa mengalami kerusakan. Terlebih, alat bantu dengar digunakan setiap hari untuk menunjang aktivitas orang dengan gangguan pendengaran.

Bicara soal kerusakan, apa sih yang menyebabkan rusaknya alat bantu dengar?

Berbagai faktor memengaruhi rusaknya alat bantu dengar. Tapi, salah satu dan yang masih menjadi penyebab utama kerusakan alat bantu dengar adalah air. Ya, air merupakan musuh utama dari alat bantu dengar. Satu tetes air saja bisa membuat kerusakan minor, bahkan major pada komponen alat bantu dengar.

Bagaimana cara mengetahui alat bantu dengar yang digunakan mengalami kerusakan?

Ada beberapa ciri umum saat alat bantu dengar mengalami kerusakan. Tanda-tanda kerusakan tersebut, mungkin berbeda-beda bagi pengguna alat bantu dengar dewasa dan anak-anak. Berikut langkah-langkah sederhana untuk memeriksa alat bantu dengar.

 

  1. Memanggil pengguna alat bantu dengar

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memeriksa apakah ada kerusakan adalah dengan memanggil pengguna alat bantu dengar. Misalnya memanggil nama anak, orang dewasa mau pun orang tua lanjut usia lansia yang menggunakan alat bantu dengar.

Hal tersebut, untuk mengetahui apakah mereka merespons ketika dipanggil, seperti menoleh dan menjawab panggilan atau malah sebaliknya, tidak merespons sama sekali. Jika tidak ada merespons, coba periksa alat bantu dengarnya.

 

  1. Lampu indikator

Cara lain untuk tahu alat bantu dengar berfungsi dengan baik atau tidak, yakni dengan memeriksa lampu indikator. Sebab, beberapa tipe alat bantu dengar menyematkan lampu indikator.

Jika lampu indikator hidup dan bisa menangkap suara di sekitarnya, mungkin tak ada masalah pada alat bantu dengarnya. Tapi, saat lampu indikator tidak menyala dengan baik, seperti berkedip tak beraturan atau bahkan mati, lakukan pengecekan alat bantu dengar selanjutnya.

 

  1. Baterai 

Langkah sederhana lain adalah memeriksa baterai alat bantu dengar. Pertama, lepas terlebih dahulu alat bantu dengar dari telinga dan matikan. Lalu, keluarkan baterai lama, ganti dengan yang baru, dan hidupkan kembali. 

Cek lampu indikator pada alat bantu dengar usai dipasang baterai baru. Saat lampu indikator menyala, tutup telinga dengan tangan. Jika ada bunyi feedback, artinya, alat bantu dengar masih berfungsi dengan baik.

 

  1. Troubleshoot

Pengguna alat bantu dengar juga bisa memeriksa dengan melakukan troubleshoot. Cara mengetahui langkah-langkah troubleshoot bisa melalui buku panduan atau melihat penjelasan di media sosial atau paltform YouTube Kasoem Hearing Center.

Langkah terakhir saat benar-benar yakin alat bantu dengar rusak, segera kunjungi cabang Kasoem Hearing Center. Saat ini, Kasoem Hearing Center menyediakan layanan perbaikan di lima cabang, yaitu di Cikini – Jakarta Pusat, BSD – Tangerang, Malang – Jawa Timur, Pranten – Surabaya, dan Setiabudi -Bandung.

Untuk wilayah Sumatera tersedia di Padang dan Medan. Tapi, keduanya hanya menyediakan jasa perawatan, karena kalau kerusakan cukup berat dan perlu dibongkar, maka harus dikirim ke cabang pusat.

 

Berapa sih biaya perbaikan alat bantu dengar? 

Nah, untuk biaya perawatan alat bantu dengar mulai dari Rp60.000. Sedangkan harga reparasi tidak bisa ditentukan, sebab harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu bagian mana yang mengalami kerusakannya.

 

Reparasi alat bantu dengar berapa lama?

Perbaikan di lima cabang Kasoem Hearing Center tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan, bisa ditunggu dalam hitungan jam. 

Jika tidak ada kerusakan berat, perawatan rutin satu alat bantu dengar membutuhkan waktu selama satu jam. Namun, saat terjadi kerusakan berat alat bantu dengar, pengerjaan akan membutuhkan waktu lebih lama. 

Layanan perbaikan di Kasoem Hearing Center mulai pukul 11.00 sampai dengan jam tutup toko. Untuk kuota terbatas, tergantung slot yang tersedia.

Jadi, jangan ragu lagi. Datang lah ke Kasoem Hearing Center saat ada kerusakan pada alat bantu dengar atau hubungi Whatsapp di nomor 081181710.

Open chat
1
Ingin konsultasi lebih dekat?
HELP