Penjelasan Bagian- Bagian Telinga Dalam Secara Lengkap
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Penjelasan Bagian- Bagian Telinga Dalam Secara Lengkap


Alat Bantu Dengar Di Jakarta – Telinga dapat dibagi menjadi tiga bagian: telinga luar , telinga tengah dan telinga dalam. Telinga bagian dalam adalah bagian paling dalam dari telinga, dan menampung organ-organ vestibulocochlear. Ini memiliki dua fungsi utama:

Untuk mengubah sinyal mekanis dari telinga tengah menjadi sinyal listrik , yang dapat mentransfer informasi ke jalur pendengaran di otak. Untuk menjaga keseimbangan dengan mendeteksi posisi dan gerakan .

Pada artikel ini, kita akan melihat anatomi telinga bagian dalam – posisi, struktur, dan suplai neurovaskularnya.

Bagian – Bagian Telinga Dalam

Posisi dan Struktur Anatomi

Telinga bagian dalam terletak di dalam bagian petrosa dari tulang temporal . Itu terletak di antara telinga tengah dan meatus akustik internal, yang masing-masing terletak secara lateral dan medial. Telinga bagian dalam memiliki dua komponen utama – labirin bertulang dan labirin membran.

Telinga bagian dalam terdiri dari memiliki dua lubang di telinga tengah, keduanya ditutupi oleh selaput. The window oval terletak antara telinga tengah dan ruang depan, sementara para jendela putaran memisahkan telinga tengah dari timpani scala (bagian dari saluran koklea).

Labirin Bertulang

Labirin bertulang adalah rangkaian rongga tulang di dalam bagian petrous dari tulang temporal . Ini terdiri dari tiga bagian – koklea, ruang depan dan tiga kanal setengah lingkaran.

Ruang depan

Ruang depan adalah bagian tengah dari labirin tulang. Ini dipisahkan dari telinga tengah oleh jendela oval , dan secara anterior berkomunikasi dengan koklea dan di posterior dengan kanal setengah lingkaran.

Dua bagian labirin membran yang saccule dan utrikulus , terletak di dalam ruang depan.

Cochlea

Rumah siput menampung saluran koklea dari labirin membran  bagian pendengaran dari telinga bagian dalam. Itu berputar sendiri di sekitar bagian tengah tulang yang disebut modiolus, menghasilkan bentuk kerucut yang menunjuk ke arah anterolateral . Cabang dari bagian koklea saraf vestibulocochlear (VIII) ditemukan di dasar modiolus.

Memanjang keluar dari modiolus adalah langkan tulang yang dikenal sebagai lamina spiral, yang menempel pada saluran koklea, menahannya pada posisinya. Kehadiran saluran koklea menciptakan dua ruang berisi perilymph di atas dan di bawah:

Kanal Setengah Lingkaran

Ada tiga kanal setengah lingkaran: anterior, lateral, dan posterior. Mereka mengandung saluran setengah lingkaran , yang bertanggung jawab untuk keseimbangan (bersama dengan utricle dan saccule).

Kanal terletak di superoposterior ke ruang depan, dengan sudut siku-siku satu sama lain. Mereka mengalami pembengkakan di salah satu ujungnya, yang dikenal sebagai ampula .

labirin telinga dalam

Labirin Membran

Labirin membran adalah sistem saluran kontinyu yang diisi dengan endolimf. Itu terletak di dalam labirin bertulang, dikelilingi oleh perilymph. Ini terdiri dari saluran koklea, tiga saluran setengah lingkaran, saccule dan utricle.

Saluran koklea terletak di dalam koklea dan merupakan organ pendengaran. Duktus setengah lingkaran, saccule dan utricle adalah organ keseimbangan (juga dikenal sebagai alat vestibular ).

Saluran Koklea

Saluran koklea terletak di dalam perancah tulang koklea. Itu dipegang oleh lamina spiral. Kehadiran duktus menciptakan dua kanal di atas dan di bawahnya – scala vestibuli dan scala tympani masing-masing. Saluran koklea dapat digambarkan memiliki bentuk segitiga:

Membran basilar menampung sel-sel epitel pendengaran – Organ Corti. Penjelasan yang lebih rinci tentang Organ Corti berada di luar cakupan artikel ini.

Saccule dan Utricle

Saccule dan utricle adalah dua kantung membran yang terletak di ruang depan. Mereka adalah organ keseimbangan yang masing-masing mendeteksi gerakan atau percepatan kepala di bidang vertikal dan horizontal.

The utrikulus adalah lebih besar dari dua, menerima tiga saluran setengah lingkaran. The saccule adalah globular dalam bentuk dan menerima saluran koklea.

Endolimfatik mengalir dari sakula dan utrikel ke duktus endolimfatik . Duktus berjalan melalui saluran air vestibular ke aspek posterior dari bagian petrous dari tulang temporal. Di sini, duktus mengembang ke kantung di mana endolimf dapat disekresikan dan diserap.

Saluran Setengah Lingkaran

Saluran setengah lingkaran terletak di dalam saluran setengah lingkaran, dan memiliki orientasi yang sama. Saat kepala bergerak, aliran endolimfe di dalam saluran mengubah kecepatan dan / atau arah. Reseptor sensorik di ampula kanal setengah lingkaran mendeteksi perubahan ini, dan mengirim sinyal ke otak, memungkinkan pemrosesan keseimbangan.

Pembuluh darah

Labirin bertulang dan labirin membran memiliki suplai arteri yang berbeda. Labirin bertulang menerima suplai darah dari tiga arteri, yang juga memasok tulang temporal di sekitarnya:

Labirin membran disuplai oleh l arteri abyrinthine , cabang dari arteri cerebellar inferior (atau, kadang-kadang, arteri basilar). Ini terbagi menjadi tiga cabang:

Drainase vena telinga bagian dalam melalui vena labirin , yang bermuara ke sinus sigmoid atau sinus petrosal inferior. Fungsi labirin pada telinga.

Baca Juga : Bagian Telinga Tengah Serta Penjelasan Lengkapnya

Persarafan

Telinga bagian dalam dipersarafi oleh saraf vestibulocochlear (CN VIII) . Ini memasuki telinga bagian dalam melalui meatus akustik internal, di mana ia terbagi menjadi saraf vestibular (bertanggung jawab untuk keseimbangan) dan saraf koklea (bertanggung jawab untuk pendengaran):

Saraf vestibular = membesar untuk membentuk ganglion vestibular, yang kemudian membelah menjadi bagian superior dan inferior untuk mensuplai utricle, saccule dan tiga duktus setengah lingkaran.
Saraf koklea = masuk di dasar modiolus dan cabang-cabangnya melewati lamina untuk memasok reseptor Organ Corti.

Saraf wajah juga melewati telinga bagian dalam, tetapi tidak menginervasi salah satu hadir struktur.

Demikian pembahasan Penjelasan Bagian- Bagian Telinga Dalam Secara Lengkap, semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan alat bantu pendengaran telinga, atau Anda hanya butuh bantuan saran  berkonsultasi, hubungi kami untuk mendapat  Bantuan , ini bisa menjadi langkah awal untuk Anda terbebas dari gangguan pendengaran.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap