Bagian Telinga Luar Dengan Penjelasan Lengkap
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Bagian Telinga Luar Dengan Penjelasan Lengkap


Alat Bantu Dengar Di Medan – Taukah Anda telinga dapat dibagi menjadi tiga bagian telinga luar, tengah dan dalam . Artikel ini akan fokus pada anatomi  telinga  luar – strukturnya, suplai neurovaskular, dan korelasi klinisnya.

Telinga luar dapat dibagi secara fungsional dan struktural menjadi dua bagian ; daun telinga (atau pinna), dan meatus akustik eksternal  yang berakhir di membran timpani.

Bagian-bagian telinga luar dan fungsinya

Daun telinga

Daun telinga adalah struktur dipasangkan ditemukan di kedua sisi kepala. Ini berfungsi untuk menangkap dan mengarahkan gelombang suara ke arah meatus akustik eksternal.

Ini adalah sebagian besar struktur tulang rawan, dengan lobulus menjadi satu-satunya bagian yang tidak didukung oleh tulang rawan. Bagian tulang rawan daun telinga membentuk kelengkungan luar, yang dikenal sebagai heliks . Lengkungan terdalam kedua berjalan sejajar dengan heliks – antihelix. Antihelix terbagi menjadi dua cura; crus inferoanterior, dan crus superoposterior.

Di tengah daun telinga ada cekungan berongga, yang disebut concha . Ini berlanjut ke tengkorak sebagai meatus akustik eksternal. Concha bertindak untuk mengarahkan suara ke meatus akustik eksternal. Tepat di depan permulaan meatus akustik eksternal adalah peninggian jaringan tulang rawan – tragus. Di seberang tragus adalah antitragus.

Meatus Akustik Luar

Meatus akustik eksternal adalah tabung berbentuk sigmoid yang memanjang dari bagian dalam dari concha ke membran timpani. Dinding 1/3 bagian luar dibentuk oleh tulang rawan, sedangkan bagian dalam 2/3 dibentuk oleh tulang temporal.

Meatus akustik eksternal tidak memiliki jalur yang lurus, dan sebaliknya bergerak dalam kurva berbentuk S sebagai berikut:

Membran Timpani

The membran timpani terletak di ujung distal dari meatus akustik eksternal. Ini adalah struktur jaringan ikat, ditutupi dengan kulit di luar dan selaput lendir di dalam. Membran dihubungkan ke tulang temporal sekitarnya oleh cincin fibrokartilaginosa.

Tembusnya membran timpani memungkinkan struktur di dalam telinga tengah diamati selama otoskopi. Pada permukaan bagian dalam membran, pegangan malleus menempel pada membran timpani, pada titik yang disebut membran timpani umbo .

gagang maleus terus superior, dan pada titik tertinggi, proyeksi kecil yang disebut proses lateral malleus dapat dilihat. Bagian membran timpani yang menjauh dari proses lateral disebut lipatan malleolar anterior dan posterior.

Baca Juga : Mengapa Kita Perlu Mendengar Dengan Jelas

Pembuluh darah

Telinga luar disuplai oleh cabang arteri karotis eksternal :

Drainase vena dilakukan melalui vena mengikuti arteri yang tercantum di atas.

Telinga luar disuplai oleh cabang arteri karotis eksternal :

Persarafan

Persarafan sensorik ke kulit daun telinga berasal dari berbagai saraf:

Beberapa orang dapat mengeluhkan batuk yang tidak disengaja saat membersihkan telinga mereka – ini disebabkan oleh rangsangan cabang aurikuler saraf vagus (saraf vagus juga bertanggung jawab atas refleks batuk).

Limfatik

Drainase limfatik dari telinga eksternal ke parotid dangkal, mastoid, atas dalam serviks dan dangkal serviks node.

Demikian Bagian-Bagian  Telinga Luar Dengan Penjelasan Lengkap serta fungsinya, Jika Anda membutuhkan jual alat bantu pendengaran telinga, atau Anda hanya butuh bantuan atau saran dan hanya ingin berkonsultasi, hubungi kami untuk mendapat  Bantuan , ini bisa menjadi langkah awal untuk Anda terbebas dari gangguan pendengaran.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap