Alat Bantu Dengar di Jakarta – Bagian telinga tengah, telinga terbagi menjadi tiga bagian yaitu telinga bagian luar , tengah dan juga dalam . Telinga bagian tengah terletak di dalam tulang, dan memanjang dari membran timpani ke dinding lateral telinga bagian dalam. Untuk fungsi utama dari telinga tengah ialah mengirimkan getaran dari membran timpani ke telinga bagian dalam melalui tulang telinga pendengaran. Artikel ini akan fokus pada anatomi telinga tengah ,strukturnya, neurovaskulaturnya, dan korelasi klinisnya.

Bagian Telinga Tengah

Telinga tengah dapat dibagi menjadi dua bagian:

1. Rongga timpani

terletak di medial membran timpani. Ini berisi tiga tulang kecil yang dikenal sebagai ossicles pendengaran: malleus, incus dan stapes. Mereka mengirimkan getaran suara melalui telinga tengah.

Reses epitympanic – ruang di atas rongga timpani, yang terletak di sebelah sel udara mastoid. Maleus dan incus sebagian meluas ke atas ke dalam reses epitympanic.

2. Perbatasan

Telinga tengah dapat divisualisasikan sebagai kotak persegi panjang, dengan atap dan lantai, dinding medial dan lateral serta dinding anterior dan posterior.

  • Atap =  dibentuk oleh tulang tipis dari bagian petrous dari tulang temporal . Ini memisahkan telinga tengah dari fossa kranial tengah .
  • Lantai = dikenal sebagai dinding jugularis, terdiri dari lapisan tipis tulang, yang memisahkan telinga tengah dari vena jugularis internal.
  • Dinding lateral = terdiri dari membran timpani dan dinding lateral reses epitympanic.
  • Dinding medial =dibentuk oleh dinding lateral telinga bagian dalam . Ini berisi tonjolan yang menonjol, yang dihasilkan oleh saraf wajah saat bergerak di dekatnya.
  • Dinding anterior = pelat tulang tipis dengan dua bukaan; untuk tabung pendengaran dan otot tensor timpani. Ini memisahkan telinga tengah dari arteri karotis internal.
  • Dinding posterior ( dinding mastoid) = terdiri dari sekat tulang antara rongga timpani dan sel udara mastoid.
Baca Juga :   Tahukah Anda, Telinga Memiliki Rumah Siput yang Disebut Cochlea?

Unggulnya, ada lubang di sekat ini, yang memungkinkan dua area untuk berkomunikasi. Lubang ini dikenal sebagai aditus pada antrum mastoid.

telinga tengah merupakan ossicles pendengaran maleus, incus dan stapes. Mereka terhubung dengan cara seperti rantai, menghubungkan membran timpani ke jendela oval telinga bagian dalam .

Getaran suara menyebabkan gerakan di membran timpani yang kemudian menciptakan gerakan, atau osilasi , di osikel pendengaran. Gerakan ini membantu mentransmisikan gelombang suara dari membran timpani telinga luar ke jendela oval telinga dalam.

maleus adalah yang terbesar dan paling lateral tulang telinga, yang melekat pada membran timpani, melalui pegangan maleus. Kepala maleus terletak di reses epitympanic, di mana ia berartikulasi dengan ossicle pendengaran berikutnya, incus.

Baca Juga : Bagian Telinga Luar Dengan Penjelasan Lengkap

Tulang berikutnya – incus – terdiri dari satu tubuh dan dua anggota badan. Tubuh berartikulasi dengan maleus, tungkai pendek menempel pada dinding posterior tengah, dan tungkai panjang bergabung dengan ossicles terakhir; stapes.

The stapes adalah tulang terkecil dalam tubuh manusia. Ini menghubungkan incus ke jendela oval telinga bagian dalam. Berbentuk sanggurdi, dengan kepala, dua kaki, dan alas. Kepala berartikulasi dengan incus, dan alasnya bergabung dengan jendela oval.

Demikian pembahasan bagian telinga tengah dan penjelasan fungsinya, semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan alat bantu pendengaran telinga, atau Anda hanya butuh bantuan saran  berkonsultasi, hubungi kami untuk mendapat  Bantuan , ini bisa menjadi langkah awal untuk Anda terbebas dari gangguan pendengaran

Rate this post