Cara Kerja Alat Bantu Dengar, Komponen Apa Saja Didalamnya?
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Cara Kerja Alat Bantu Dengar, Komponen Apa Saja Didalamnya?


Alat Bantu Dengar Di Jakarta – Menggunakan perangkat dengar tentu akan sangat membantu Anda yang kesusahan mendengar ataupun tuli, namun pernahkah Anda mencari tau bagaimana cara kerja alat bantu dengar?

Bagaimana alat bantu dengar bekerja? Perangkat dengar tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Mereka semua memiliki teknologi yang sangat mirip, meskipun beberapa lebih maju dari yang lain. Pelajari lebih lanjut tentang komponen dan fungsinya

Bagaimana cara kerja alat bantu dengar?

Secara sederhana, terdapat empat komponen listrik utama alat bantu dengar modern, semuanya dikemas dalam penutup kecil.

1. Microchip

Inilah inti dari alat bantu dengar. Ini mengambil suara yang masuk dari mikrofon dan memprosesnya sesuai dengan algoritma yang diprogram. Sinyal yang masuk dapat dibagi menjadi sejumlah pita frekuensi sehingga chip dapat menerapkan derajat amplifikasi yang berbeda ke frekuensi yang berbeda. Hal ini memungkinkan chip untuk membentuk frekuensi yang ditransmisikan ke telinga.

Dengan sebagian besar gangguan pendengaran, ada kebutuhan untuk menerapkan amplifikasi yang lebih besar ke frekuensi yang lebih tinggi. Microchip atau DSP (prosesor sinyal digital) modern bekerja jauh lebih cepat daripada pendahulunya, memiliki kapasitas yang jauh lebih besar untuk berbagai fungsi dan jauh lebih kecil, sehingga mampu menyediakan teknologi canggih di perangkat terkecil. Beberapa perangkat dengar, juga memiliki teknologi pengarah dalam cipnya, yang membantu membedakan antara suara ucapan dan latar belakang dengan menggunakan teknologi pelacakan bermerek dagang.

2. Penerima

Ironisnya Penerima tidak menerima suara, itulah peran mikrofon, ia mengirimkan suara. Penerima adalah pengeras suara miniatur dan terhubung ke microchip. Ini mengubah sinyal elektronik menjadi gelombang suara dan meneruskannya langsung ke telinga. Biasanya dilindungi dari kerusakan melalui lilin atau kelembaban.

3. Mikrofon

Ini mungkin mikrofon tunggal dengan port tunggal yang tidak memungkinkan alat bantu dengar memiliki fungsi pengarah. Ini juga bisa menjadi satu mikrofon dengan dua port yang menyediakan beberapa fungsi arah terbatas. Bantuan tersebut dapat memiliki mikrofon ganda yang, jika disejajarkan dengan chip canggih, dapat menyediakan berbagai fungsi arah. Mikrofon mengumpulkan suara dari lingkungan, mengubahnya dari gelombang suara analog menjadi sinyal elektronik digital dan meneruskan sinyal ke microchip atau prosesor.

4. Tabung Penerima RIC

Penerima RIC di ujung tabung, biasanya ini ditutupi oleh kubah.

Untuk alat bantu dengar RIC (Receiver in Ear), Receiver ditempatkan di ujung tabung di dalam liang telinga dan dihubungkan dengan kabel ke bagian utama alat bantu dengar.

5. Baterai

Alat bantu dengar adalah perangkat listrik dan oleh karena itu membutuhkan sumber tenaga listrik. Baterai alat bantu dengar tersedia dalam berbagai ukuran. Ada juga berbagai jenis, termasuk yang dapat diisi ulang, tetapi yang paling umum adalah Zinc Air.

Baca Juga : Mengapa Telinga Gatal Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Semua komponen ini pas di dalam casing yang dipasang di telinga atau di belakang telinga. Suara dikirimkan baik secara elektronik telah diubah menjadi sinyal listrik atau sebagai gelombang suara yang sebenarnya melalui tabung yang sangat tipis. Tabung ini dapat dimasukkan langsung ke dalam liang telinga atau diamankan dalam cetakan telinga yang biasanya dibuat khusus agar pas dengan telinga seseorang. Sederhananya, alat bantu dengar mengambil suara melalui mikrofon, memperkuatnya dengan prosesor microchip dan mengirimkannya ke telinga dari penerima

Komponen lainnya

1. The Tube

Tabung alat bantu dengar

Sebuah tabung digunakan dalam alat bantu dengar BTE (Behind the Ear) dan RIC. Ini menghubungkan komponen di casing belakang telinga ke kubah di liang telinga. Dalam kasus bantuan BTE, suara mengalir ke bawah tabung ke telinga dan dalam kasus bantuan RIC, tabung berisi kabel kecil yang menghubungkan ke Receiver (speaker) yang ditutupi oleh kubah.

2. The Dome

Kubah alat bantu dengar

Kubah biasanya berupa kubah silikon lembut yang dipasang dengan aman ke ujung tabung atau ujung alat bantu dengar dalam kasus alat bantu dengar ITE (Di Telinga) atau CIC (Sepenuhnya di Kanal), sehingga nyaman dipasang di saluran telinga. Ada beberapa jenis, perbedaan paling signifikan antara kubah terbuka dan tertutup. Kubah terbuka memiliki lubang yang memungkinkan suara dari luar masuk ke telinga yang dapat membantu jika Anda juga menderita tinitus.

Itulah cara kerja alat bantu dengar, jika Anda mengalami gangguan pendengaran bahkan tuli. Anda bisa mengunjungi Kasoem Hearing Center.  Silahkan hubungi kami, untuk melakukan konsultasi. Kami pusat jual alat pendengaran telinga Jakarta yang dapat membantu Anda mendengar kembali dengan normal.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap