Mengapa Lansia Sering Terkena Gangguan Pendengaran? Ini Alasannya
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Mengapa Lansia Sering Terkena Gangguan Pendengaran? Ini Alasannya


Alat Bantu Dengar – Sering menjadi pertanyaan mengapa lansia sering terkena gangguan pendengaran? Orang tua yang tidak dapat mendengar dengan baik mungkin bisa jadi mereka depresi, atau mereka mungkin menarik diri dari orang lain karena mereka merasa frustrasi atau malu karena tidak memahami apa yang sedang dikatakan orang lain.

Selain memang faktor usia, sebaiknya Anda mengetahui apa yang harusnya bisa dicegah sehingga gangguan pedengaran diakibatkan lansia, bisa Anda minimalisir. Sehingga tidak terlalu berdampak buruk dimasa tua nanti. Memang kondisi ini tidak akan mengancam nyawa Anda tetapi pasti akan berpengaruh tidak baik dikehidupan. Meskipun ada solusi menggunakan alat bantu pendengaran tetapi setidaknya Anda sudah bisa mencegah terlebih dahulu sebelum menggunakan alat ini.

Tanda-tanda Gangguan Pendengaran Pada Lansia

Mengapa lansia sering terkena gangguan pendengaran, beberapa orang memiliki masalah pendengaran tak hanya lansia dan banya yang tidak menyadarinya. Anda harus menemui dokter Anda jika Anda mengalamin beberapa gejala seperti berikut ini:

  1. Sulit untuk mengikuti percakapan ketika dua orang atau lebih sedang berbicara
  2. Kesulitan mendengar melalui telepon
  3. Perlu menaikkan volume TV begitu keras sehingga orang lain mengeluh
  4. Seringkali meminta orang untuk mengulangi apa yang mereka katakan
  5. Mengalami masalah pendengaran karena kebisingan latar belakang
  6. Pikirkan bahwa orang lain sepertinya mengomel
  7. Tidak bisa mengerti ketika wanita dan anak-anak berbicara dengan Anda

Gangguan Pendengaran Karena Usia ( Presbycusis)

Presbycusis, ataupun gangguan pendengaran karena usai, timbul dengan cara berangsur- angsur bersamaan bertambahnya umur. Kelihatannya terjadi didalam keluarga serta bisa terjadi sebab pergantian pada telinga bagian dalam serta saraf pendengaran. Presbycusis bisa jadi membuat penderitanya kesulitan  buat mentolerir suara keras ataupun mengikuti apa yang dibilang oleh orang lain.

Gangguan pendengaran terpaut umur lansia umumnya terjadi di kedua telinga, pengaruhi keduanya dengan cara menyeluruh. Hilangnya pendengran berangsur- angsur, alhasil seorang dengan presbycusis bisa jadi tidak mengetahui kalau ia sudah kehabisan beberapa dari kemampuannya buat medengar.

Bagaimana Mengatasi Presbikusis Lansia?

Saat Anda divonis mengidan presbikusis memang sangat sulit untuk mengatasinya, tetapi setidaknya Anda bisa meminamilisir keadaan supaya tidak menjadi lebih buruk, Beberapa hal berikut dapat Anda lakukan:

  1. Atur Pola Makan Sehat

Triknya pertama adalah lakukan pola makan sehat, dengan mengkonsumsi santapan kecil lemak jenuh serta kalori. Untuk penderita diabet, dianjurkan buat untuk menghindari mengkonsumsi gula serta teratur memantau kandungan gula darah. Alasannya kandungan gula darah yang besar dapat membuat presbikusis yang diidap memburuk. Hendaknya tanyakan dokter spesialis mengenai konsumsi yang bagus disantap dikala menderita presbikusis ataupun gangguan pendengaran lain.

  1. Jauhi Suara Bising

Suara bising yang berkelanjutan memang sangat berpengaruh jelek ke pendengaran Anda. Sebaiknya batasi paparan suara bising berisik dari sumber manapun, sepert headset, speaker, mercon, alat transportasi, serta yang lain. Headset yang dianjurkan tidak lebih dari 8 jam dengan daya muat suara maksimum 60 persen.

  1. Teratur Cek Telinga

Tujuannya buat menyembuhkan presbikusis tidak memburuk serta memeriksa gangguan pendengaran lain yang bisa jadi terjalin. Maanfaatkan momen buat membahas keluh kesah pada telinga serta pertanyaan dokter mengenai metode menjaga kesehatan telinga yang benar, jika tidak bisa diatasi pastikan Anda dapat menggunakan alat bantu dengar Jakarta kami.

  1. Gunakan Pelindung Kuping

Untuk Anda yang memang bekerja diindustri yang berhubungan dengan kebisingan, Anda dapat gunakan ganjal telinga dikala terletak di area bising. Suasana ini rentan dirasakan pekerja industri ataupun pabrik berat, pekerja pemindahan, pekerja arsitektur, penambang, serta pekerja yang lain. Bila tidak membolehkan, kasih jarak ataupun hindari sumber suara bising.

Itulah penjelasan mengapa lansia sering terkena gangguan pendengaran, pastikan Anda tetap menjaga indera pendengran supaya terhindar dari Presbikusis dimasa tua.

Baca Juga : 5 Jenis Gangguan Pendengaran dan Penjelasan Penyebabnya

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran telinga, silahkan hubungi kami untuk melakukan konsultasi gangguan pendengaran telinga di Kasoem Hearing Center. Kami jual alat pendengaran telinga yang dapat membantu Anda mendengar kembali dengan normal.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap