Cara Membersihkan Telinga Anda yang Benar
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Cara Membersihkan Telinga Anda yang Benar


Bagaimana cara membersihkan telinga yang benar, bagi banyak orang kotoran telinga tidak menimbulkan masalah, tetapi bagi sebagian orang, penumpukan kotoran telinga bisa menjadi masalah serius. Ini bisa menjadi sangat parah bahkan bisa mempengaruhi pendengaran mereka, bahkan kotoran telinga bisa menjadi penyebab ketulian.

Banyak orang tergoda untuk menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga yang bermasalah , tetapi ini mungkin bukan solusi teraman. Menggunakan cotton bud sebenarnya bisa mendorong kotoran telinga lebih dalam ke dalam liang telinga, dan bisa menyebabkan kerusakan pada gendang telinga. Sebaliknya, Anda harus mempertimbangkan metode lain.

Apa itu kotoran telinga?

Kotoran telinga, yang secara ilmiah dikenal sebagai cerumen, adalah sesuatu yang berguna di dalam tubuh Anda. Ini mengumpulkan kotoran dan bakteri, mencegah mereka memasuki saluran telinga dan melindunginya. Biasanya, wax ini hilang dengan sendirinya selama mengunyah atau gerakan rahang lainnya, atau saat tidur dan kebanyakan orang tidak benar-benar perlu membersihkan telinga mereka sendiri. Namun, ada pengecualian.

Mengapa kotoran telinga bisa menjadi masalah?

Jika kotoran telinga tidak keluar dengan sendirinya, hal itu dapat berdampak dan memengaruhi pendengaran Anda. Ada berbagai tanda kotoran telinga Anda menjadi masalah, antara lain:

Cara untuk mengatasi penumpukan kotoran telinga

Ada berbagai cara mengatasi penumpukan kotoran telinga atau cara membersihkan kotoran telinga  yang dapat ditangani dengan aman tanpa menggunakan cotton bud.

Jika Anda akan menggunakan cotton wool bud, maka ini hanya boleh digunakan di bagian luar telinga tetapi, idealnya, ini harus diganti dengan kain muka yang hangat dan lembab, yang tidak akan mendorong lilin lebih jauh ke dalam telinga. telinga. Ini akan menghilangkan kotoran telinga yang berlebih atau bocor dan akan membantu melembutkan kotoran yang membandel.

Pilihan lainnya adalah pelembut kotoran telinga yang dijual bebas. Ini dapat dibeli dari apotek dan mungkin mengandung mineral atau baby oil, gliserin, peroksida atau hidrogen peroksida, atau garam. Cukup ikuti instruksi pada kemasannya, dengan menjatuhkan jumlah yang ditentukan ke telinga Anda, tunggu waktu yang ditentukan, dan tiriskan atau bilas dengan lembut.

Anda disarankan untuk mencari informasi terpercaya sebelum menggunakan pelembut berbahan dasar hidrogen peroksida karena dapat menyebabkan beberapa gejala menjadi lebih buruk jika kotoran telinga bukan masalah yang mendasarinya.

Cara membersihkan telinga, dimungkinkan untuk menghilangkan kotoran telinga dengan mengairi telinga Anda menggunakan jarum suntik. Alat suntik irigasi telinga biasanya berbentuk bohlam, dan digunakan dengan air hangat atau larutan garam. Air hangat diperlukan untuk mencegah timbulnya pusing.

Dengan sendirinya, irigasi bukanlah cara yang efektif untuk menghilangkan kotoran telinga dan harus digunakan dalam kombinasi dengan pelembut yang sudah dioleskan sebelumnya. Pelembut harus digunakan sekitar seperempat jam sebelum irigasi.

Namun, ada sejumlah kontraindikasi dalam hal jarum suntik. Tidak aman menggunakan alat suntik sendiri jika Anda menderita diabetes, sistem kekebalan yang lemah, jika diduga ada gendang telinga yang berlubang, atau jika Anda memiliki tabung (grommet) di telinga.

Cara paling aman untuk menghilangkan kotoran telinga yang bermasalah adalah dengan profesional medis yang berkualifikasi dan sesuai, seperti audiolog . Mereka dapat memeriksa telinga dengan benar, memastikan bahwa kotoran telinga adalah masalahnya, dan kemudian mengeluarkannya dengan aman menggunakan metode dan peralatan khusus, seperti mikrosuction atau irigasi profesional.

Baca Juga : Anak Kesulitan Mendengar, Apakah Pertanda Tuli? Ini Cara Mengatasinya

Jika penumpukan kotoran telinga menjadi masalah, ada berbagai cara untuk merawatnya dengan aman di rumah yang tidak menggunakan cotton buds, tetapi selalu disarankan untuk mencari tenaga profesional daripada mencoba perawatan sendiri.

Demikian pembahasan cara membersihkan telinga Anda yang benar. Jika Anda memerlukan informasi tentang perangkat dengar silahkan hubungi kami, untuk melakukan konsultasi, atau datang langsung ke outlet alat bantu dengar di Medan Kasoem Hearing Center, atau lokasi terdekat di kota Anda.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap