Apakah Kurang Tidur Mengakibatkan Gangguan Pendengaran
linkedin alat dengar facebook alat pengeras suara youtube alat untuk mendengar instagram kasoem abd

Apakah Kurang Tidur Mengakibatkan Gangguan Pendengaran


Alat Bantu Dengar – Apakah kurang tidur memengaruhi pendengaran Anda? Seperti yang Anda ketahui, tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Tidur malam yang nyenyak penting untuk istirahat dan pemenuhan tubuh dan pikiran Anda, dan persiapan untuk hari berikutnya. Namun dalam jangka panjang, kurang tidur akan memengaruhi Anda lebih dari yang Anda kira. Nyatanya, insomnia bisa memperparah gangguan pendengaran dan tinitus.

Apa Itu Insomnia?

Insomnia merupakan gangguan tidur yang dapat didiagnosis saat seseorang mengalami kesulitan tidur. Ini mungkin akut atau kronis, hanya berlangsung satu malam atau satu bulan. Insomnia mungkin primer atau sekunder. Insomnia primer berkaitan dengan faktor lingkungan, seperti stres, perubahan lingkungan tidur atau jadwal tidur Anda.

Insomnia sekunder adalah efek samping dari kondisi lain, seperti depresi, kecemasan, penggunaan narkoba, hipertiroidisme, sleep apnea, dll.

Baca Juga : Denging Ditelinga Apakah Berhubungan Dengan Stres

Hubungan antara insomnia dan gangguan pendengaran

Ada beberapak penyakit yang berhubungan dengan insomnia dan gangguan pendengaran.

Penyakit kardiovaskular

Hubungan terkuat adalah antara kurang tidur dan kesehatan kardiovaskular yang buruk. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk ke seluruh tubuh, termasuk telinga Anda. Telinga Anda mengandalkan aliran darah yang sehat untuk berfungsi.

Di dalam telinga bagian dalam ada sel-sel rambut kecil yang disebut stereocilia. Sel-sel ini bertanggung jawab untuk mengubah gelombang suara menjadi energi listrik yang mengalir melalui saraf pendengaran ke otak untuk diinterpretasikan sebagai suara. Ketika sel-sel ini tidak menerima cukup oksigen dari suplai darah, mereka mati. Setelah mati, mereka tidak beregenerasi, dan mengakibatkan hilangnya pendengaran sensorineural permanen.

Apnea Tidur

Ada juga hubungan antara kurang tidur, sleep apnea dan gangguan pendengaran . Sekitar 43% penderita insomnia juga mengalami sleep apnea, suatu kondisi yang menyebabkan masalah pernapasan dan tidur gelisah. Faktanya, penderita sleep apnea berat bangun lebih dari 30 kali setiap jam.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan apnea tidur memiliki jumlah plak yang lebih besar di pembuluh darah. Ini juga dapat menyempitkan aliran darah ke telinga. Jadi Sangat penting untuk mencari pengobatan untuk insomnia Anda dan masalah terkait lainnya secepat mungkin.

Jika Anda sedang mencari alat bantu dengar di Malang dengan berbagai jenis sesuai kebutuhan, silahkan kunjungi Kasoem Hearing Center Malang, atau Anda bisa hubungi kami untuk mencari outlet resmi  terdekat di kota Anda.

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?
Share via
Copy link
Powered by Social Snap